ANALISIS PENGARUH VOLUME PERDAGANGAN, FREKUENSI PERDAGANGAN, KAPITALISASI PASAR, DAN DEVIDEN PAYOUT RATIO TERHADAP RETURN SAHAM JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII)

ANDIKA, FILA (2022) ANALISIS PENGARUH VOLUME PERDAGANGAN, FREKUENSI PERDAGANGAN, KAPITALISASI PASAR, DAN DEVIDEN PAYOUT RATIO TERHADAP RETURN SAHAM JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI Andika Fila.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pasar modal memiliki peran penting dalam kegiatan ekonomi dibanyak negara pasar modal dapat menjadi sumber kemajuan ekonomi sebab dapat menjadi sumber dana alternatif bagi perusahaan�perusahaan memperoleh modal dari investor. Bagi seorang investor untuk melakukan investasi di pasar modal perlu melakukan analisis lebih dalam lagi baik secara teknikal maupun secara fundamental. Laporan keuangan perusahaan terdiri dari pos-pos keuangan yang membantu para investor untuk menganalisis dan menilai perusahaan mana yang nantinya akan dipilih. Penelitian dilakukan untuk menguji seberapa besar pengaruh Volume Perdagangan (VP), Frekuensi Perdagangan (FP), Kapitalisasi Pasar (KP) dan Deviden Payout Ratio (DPR), terhadap Return Saham (RS), di Jakarta Islamic Index (JII) periode 2015-2018 dalam perspektif ekonomi Islam baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, data yang digunakan merupakan data sekunder yaitu laporan keuangan tahunan yang diperoleh dari laman www.idx.co.id. Teknik pengumpulan data menggunakan purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi data panel. Uji hipotesis yang dilakukan adalah uji F, uji t, dan koefisien determinasi Adjusted R 2 dengan bantuan Microsoft Excel 2003 dan Eviews 10. Hasil uji hipotesis secara simultan menunjukan bahwa variabel VP, FP, KP, dan DPR, secara bersama sama berpengaruh signifikan terhadap RS, dan secara parsial variabel VP berpengaruh positif dan signifikan terhadap RS, sedangkan variabel FP tidak berpengaruh signifikan terhadap RS, sedangkan variabel KP berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap RS dan variabel DPR tidak berpengaruh secara signifikan terhadap RS, sedankan Uji koefisien derterminasi nilai Adjusted R 2 menunjukan variabel RS dapat dijelaskan oleh ke empat variabel independen VP, FP, KP dan DPR. Adapun dalam perspektif Ekonomi Islam investasi pada pasar modal diperbolehkan asalkan sesuai dengan prinsip ekonomi Islam, reaksi investor baik itu jual maupun beli harus berdasarkan analisis teknikal dan fundamental agar sesuai dengan prinsip ekonomi Islam yaitu tidak melakukanspekulatif atau judi dan jual beli yang bersifat gharar Kata kunci: Volume Perdagangan (VP), Frekuensi Perdagangan (FP), Kapitalisasi Pasar (KP), Deviden Payout Ratio (DPR), dan Return Saham (RS)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Jan 2022 03:56
Last Modified: 25 Jan 2022 03:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17362

Actions (login required)

View Item View Item