PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK

SAFITRI, SADI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI SAFITRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pemahaman konsep dalam pembelajaran matematis adalah suatu kemampuan yang perlu dikuasai oleh peserta didik agar peserta didik dalam proses belajar mengajar dapat menyelesaikan berbagai permasalahan matematika. Berdasarkan hasil pra-penelitian di SMP AN-NUR Tulang Bawang Tengah masih rendah, hal ini disebabkan karena penggunaan model pembelajaran yang kurang bervariasi. Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Facilitator And Explaining yang berbantu media Mind Mapping untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian yang berjenis Quasi Eksperimen Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII A, VII B, dan kelas VII C SMP AN-NUR Tulang Bawang Tengah. Teknik yang digunakan yaitu Simple Random Sampling terpilih kelas VII A dan VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Uji Normalitas Lilliefors dan Uji Homogenitas Bartlet. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Uji Anova Satu Jalan (One Way Anova) dengan taraf signifikan 5% dan dilanjutkan dengan dengan uji komparasi ganda. Pengujian hipotesis menggunakan anava satu jalan diperoleh Fhitung =7,787 dan Ftabel=0,001 atau Fhitung > Ftabel, maka Ho ditolak. Nilai rata-rata kelas dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator And Explaining lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Begitu juga dengan nilai rata-rata menggunakan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining berbantu Mind Mapping lebih tinggi dibandingkan dengan kelas yang menggunakan model konvenional. Berdasarkan hasil penelitian dan perhitungan uji anova satu jalan, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Student Facilitator And Eksplaining berbantu Mind Mapping terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik . Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaining (SFAE) Berbantu Mind Mapping,Dan Pemahaman Konsep

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Jan 2022 03:55
Last Modified: 25 Jan 2022 03:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17361

Actions (login required)

View Item View Item