PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIFPEER LESSONMELALUI TEORISIBERNETIK DITINJAU DARI SELF-CONFIDENCE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs N 2 BANDAR LAMPUNG TA 2016/2017

Rahmawati, Erly (2017) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIFPEER LESSONMELALUI TEORISIBERNETIK DITINJAU DARI SELF-CONFIDENCE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs N 2 BANDAR LAMPUNG TA 2016/2017. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi_lengkap_erli.pdf]
Preview
PDF
Download (17MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil pra survey di MTs N 2 Bandar Lampung diketahui bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik masih rendah. Hal tersebut diketahui karena terdapat beberapa indikator dari kemampuan pemecahan masalah matematis yang tidak dikuasai peserta didik, terlihat dari cara siswa mengerjakan soal, yakni beberapa siswa langsung menjawab pertanyaan tanpa melakukan langkah-langkah dalam menyelesaikan masalah matematisyaitutidakmenulisapa yang diketahuidanapa yang ditanyakandalamsoal yang diberikan. Selain kemampuan pemecahan masalah selfconfidence peserta didik juga masih rendah. Hal ini terlihat dari beberapa siswa yang yang mencontek saat mengerjakan soal.Melihat permasalahan tersebut, maka penulis tertarik untuk menerapkan strategi pembelajaran aktif peer lesson melalui teori sibernetik ditinjau dari self-confidence. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) apakah terdapat pengaruh strategi pembelajaran aktif peer lesson melalui teori sbernetik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis (2) apakah terdapat pengaruh selfconfidencetinggi, sedang, rendahterhadap kemampuan pemecahan masalah matematis (3) apakah terdapat interaksi antara strategi pembelajran aktif peer leeson melalui teori sibernetik dengan self-confidence terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasy experimental design (desain eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTs N 2 Bandar Lampung tahun ajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik acak kelas. Teknik pengumpulan data berupa soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis varian dua jalan sel tak sama. Pengujian hipotesis menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, dengan taraf signifikan 5% dari hasil data diperoleh

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 30 Oct 2017 02:03
Last Modified: 30 Oct 2017 02:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1736

Actions (login required)

View Item View Item