EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MEANINGFUL INSTRUCSIONAL DESIGN (MID) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI SELF EFFICACY

SRI, NUR ANA (2022) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MEANINGFUL INSTRUCSIONAL DESIGN (MID) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI SELF EFFICACY. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of Skripsi SRI NUR ANA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bermula karena banyaknya perhitungan dan rumus sehingga peserta didik merasa kesulitan, model pembelajaran yang belum bervariasi, kurangnya keyakinan atas kemampuan yang dimilikinya, dan peserta didik kurang terbiasa mengerjakan soal terkait pemecahan masalah matematis. Penelitian ini memiliki tujuan untuk (1) mengetahui apakah pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Meaningful Instructional Design lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis, (2) mengetahui apakah self efficacy efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis, (3) mengetahui apakah terdapat interaksi model pembalajaran Meaningful Instructional Design dengan self efficacy dalam meningkatkan pemecahan masalah matematis. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen semu (Quasy Experiment). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII semester genap SMP Al-Huda Jati Agung. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini menggunakan 2 kelas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis variansi dua jalan, dengan taraf signifikansi 5% memperoleh (1) sehingga ditolak artinya pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Meaningful Instructional Design lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis; (2) sehingga ditolak artinya self efficacy efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis; dan (3) sehingga diterima artinya tidak terdapat interaksi model pembalajaran Meaningful Instructional Design dengan self efficacy dalam meningkatkan pemecahan masalah matematis. Kata Kunci: Model Pembelajaran Meaningful Instructional Design (MID), Pemecahan Masalah Matematis, dan Self Efficacy

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Jan 2022 03:48
Last Modified: 25 Jan 2022 03:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17359

Actions (login required)

View Item View Item