PERAN PELAKSANAAN PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERKELANJUTAN DALAM MENDUKUNG KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Di Kelurahan Korpri Jaya Kecamatan Sukarane Bandar Lampung)

EKA, NURAINI (2022) PERAN PELAKSANAAN PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERKELANJUTAN DALAM MENDUKUNG KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Di Kelurahan Korpri Jaya Kecamatan Sukarane Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of skripsi_EKA NURAINI_1551010172.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Program pemberdayaan masyarakat berkelanjutan ini merupakan program lanjutan dari PNPM Mandiri perkotaan dimana secara langsung berupaya menanggulangi kemiskinan melalui program pemberdayaan, dimana program tersebut memberikan peluang bagi masyarakat yang kurang mampu untuk berusaha meningkatkan kesejahteraan keluarganya. Adapun Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1) Bagaimana pelaksanaan Program Pemberdayaan Masyarakat Berkelanjutan di Kelurahan Korpri Jaya? 2) Sejauh manakah Pelaksanaan Program Pemberdayaan Masyarakat Berkelanjutan Berperan dalam Mendukung Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat di Kelurahan Korpri Jaya dalam Perspektif Ekonomi Islam?. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan dari adanya program pemberdayaan masyarakat berkelanjutan tersebut dalam mendukung kesejahteraan masyarakat di kelurahan korpri jaya serta untuk mengetahui sejauh manakah peran pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat di kelurahan korpri jaya apabila ditinjau dari perspektif ekonomi islam. Penelitian ini digolongkan dalam penelitian lapangan (field research) dimana data primer di peroleh dari hasil observasi dan wawancara dan data sekunder diperoleh dari hasil dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota masyarakat kurang mampu di kelurahan korpri jaya sebanyak 298 rumah tangga miskin. Sedangkan sampel penulis mengambil 10 % dari jumlah populasi. Metode analisis dalam penelitian ini adalah metode analisis kualitatif. Data diperoleh dengan cara wawancara dan observasi langsung kepada 30 responden rumah tangga miskin/kurang mampu di kelurahan Korpri Jaya Kecamatan Sukarame Bandar Lampung. Hasil penelitian ini adalah bahwa program sarana dan prasarana serta Simpan Pinjam yang ada di Kelurahan Korpri Jaya sudah dijalankan dengan baik sesuai dengan teknik operasinal kegiatan, tetapi untuk infrastruktur jalan masih ada yang rusak dan belum diperbaiki serta dalam pelaksanaannya masih banyak masyarakat yang kurang berpartisipasi dalam kegitan program tersebut. Padahal program tersebut dibuat untuk kesejahteraan masyarakat. Pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat di kelurahan korpri jaya di lihat dari dasar-dasar ekonomi islam tidak sesuai dengan ajaran islam karena simpan pinjam tersebut mengandung unsur riba karena di tetapkannya bunga diawal sebesar 15 % per 10 bulan. Tetapi pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat berkelanjutan tersebut memberikan peran positif dalam iii membantu mensejahterakan masyarakat terbukti dengan adanya tambahan modal untuk usaha serta mengajak masyarakat untuk keluar dari garis kemiskinan dan mengajak masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam pembangunan kota yang lebih maju. Kata Kunci : Program Pemberdayaan Masyarakat, Kesejahteraan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Jan 2022 03:46
Last Modified: 25 Jan 2022 03:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17357

Actions (login required)

View Item View Item