PENGARUH PENYAJIAN LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN TERHADAP TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS PENGELOLAAN ALOKASI DANA DESA (ADD) DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Pekon Gunung Sugih, Kecamatan Balik Bukit, Kabupaten lampung Barat)

ILHAM, SEFITRA WIJAYA (2022) PENGARUH PENYAJIAN LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN TERHADAP TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS PENGELOLAAN ALOKASI DANA DESA (ADD) DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Pekon Gunung Sugih, Kecamatan Balik Bukit, Kabupaten lampung Barat). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI ILHAM.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Salah satu bentuk bantuan langsung dari pemerintah pusat adalah Alokasi Dana Desa (ADD). Pengelolaan keuangan desa yang transparansi dan akuntabel menjadi tujuan dan harapan bagi pemerintah maupun masyarakat. oleh karena itu, perlunya penyajian laporan pertanggungjawaban dalam pengelolaan dana desa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penyajian laporan pertanggung jawaban terhadap transparansi dan akuntabilitas pengelolaan ADD dalam perspektif ekonomi islam studi pada Pekon Gunung Sugih Kecamatan Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif berdasarkan studi lapangan. Data pada penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui kuisioner yang telah disiapkan oleh peneliti. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat Pekon Gunung Sugih. Penelitian ini menggunakan metode pemilihan sampel yaitu dengan Guy and Dhiel. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 151 responden. Penelitian ini menggunakan Analisis Regresi Linier Sederhana dengan didukung program SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penyajian laporan pertanggungjawaban berpengaruh positif signifikan terhadap transparansi dan akuntabilitas. Berdasarkan uji hipotesis (Uji t) nilai t hitung terhadap variabel transparansi sebesar 8,097 dan variabel akuntabilitas sebesar 6,729. Dengan nilai signifikansi 0,000<0,05. Dalam perspektif ekonomi islam transparansi adalah kewajiban yang mulya. Secara duniawi transparansi adalah upaya untuk memerangi musuh Negara, menyejahterakan penduduk dan memakmurkan negeri. Sedangkan akuntabilitas dalam perspektif ekonomi islam merupakan sebuah tanggungjawab seorang pemipin yang diberi amanah oleh masyarakat untuk dijalankan sebaik mungkin. Keberhasilan seorang pemimpin desa dalam menjalankan tanggungjawabnya adalah berlandaskan pada sikap amanah, adil, dan jujur. Kata kunci: penyajian laporan pertanggungjawaban, transparansi dan akuntabilitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Jan 2022 03:41
Last Modified: 25 Jan 2022 03:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17356

Actions (login required)

View Item View Item