BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM MENGUNAKAN REINFORCEMENT POSITIF UNTUK MENINGKATKAN PENGAMALAN AJARAN AGAMA DI PONDOK PESANTREN M. DAUD PAMPANGAN GEDONG TATAAN KABUPATEN PESAWARAN

Fajar, Chafidhulloh (2022) BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM MENGUNAKAN REINFORCEMENT POSITIF UNTUK MENINGKATKAN PENGAMALAN AJARAN AGAMA DI PONDOK PESANTREN M. DAUD PAMPANGAN GEDONG TATAAN KABUPATEN PESAWARAN. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI_FAJAR CHAFIDHULLOH_1741010004.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Bimbingan dan konseling Islam adalah segala kegiatan yang dilakukan oleh seseoang dalam rangka memberikan bantuan kepada orang lain yang mengalami kesulitan-kesulitan rohaniyah (perasaan merasa berdosa, kegoncangan batin rasa keragu-raguan. bagaimana metode pemberian reinforcement Positif dalam pengamalan sholat lima waktu dan puasa senen kamis pada Santri baru di Pondok Pesantren M. Daud Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran dan bagaimana hasil dari pelaksanaan bimbingan dan konseling Islam dengan tekhnik reinforcement positif untuk meningkatkan Pengamalan Sholat Lima Waktu Dan Puasa Senen Kamis Dipondok Pesantren M. Daud Pampangan Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran. Dalam penelitian ini yang digunakan adalah menggunakan teknik purposive sampling yaitu teknik pengambilan informan yang mempunyai tujuan. Informan dalam penelitian ini adalah 1 ustadz dan 5 Santri baru laki-laki yang akan memberikan bimbingan dan konseling islam menggunakan reinforcement positif untuk meningkatkan pengamalan ajaran agama. Hasil dari hasil dari pelaksanaan bimbingan dan konseling Islam dengan tekhnik reinforcement positif untuk meningkatkan Pengamalan Sholat Lima Waktu Dan Puasa Senen Kamis Dipondok Pesantren M. Daud Pampangan Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran yaitu perubahan santri lebih rajin sholat berjamaah, rajin menjalankan solat lima waktu, terbiasa melaksanakan puasa senin kamis selain itu santri menjadi pribadi yang lebih disiplin dalam pengamlan ibadah dari sebelumnya. 2. Metode pemberian reinforcement Positif dalam pengamalan sholat lima waktu dan puasa senen kamis pada Santri baru di Pondok Pesantren M. Daud Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran yaitu dengan menggunakan cara pembiasaan. cara pembiasaan ini dilakukan dalam kegiatan sehari-hari seperti mencium tangan ketika bertemu ustadz/ustadzah, khotibah ceramah, sholat berjamaah, sholat rowatib, sholat dhuha, puasa senin kamis diskusi dan menjaga kebersihan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Jan 2022 03:14
Last Modified: 25 Jan 2022 03:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17352

Actions (login required)

View Item View Item