RAGAM TEKNIK SAMPLING DAN INSTRUMEN PENELITIAN PENDIDIKAN BIOLOGI

FASHSHALNA, HIFZAN MILLATINA (2022) RAGAM TEKNIK SAMPLING DAN INSTRUMEN PENELITIAN PENDIDIKAN BIOLOGI. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FASHSHALNA HIFZAN MILLATINA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK RAGAM TEKNIK SAMPLING DAN INSTRUMEN PENELITIAN PENDIDIKAN BIOLOGI Oleh: Fashshalna Hifzan Millatina 1511060054 Terkait dengan metode ragam teknik sampling dan instrumen penelitian, tidak sedikit ditemukan beberapa kesalahan persepsi yang umumnya dilakukan oleh peneliti pemula dalam memahami konsep tersebut sehingga hasil penelitian yang diperoleh dengan metode yang tidak tepat akan membuat hasil penelitian menjadi tidak refresentatif dan menghasilkan temuan dan kesimpulan yang keliru. Ada dua cara dalam pengambilan sampel, yakni Probability dan Nonprobability. Pengambilan sampel harus memenuhi syarat keterwakilan, yang berarti sampel yang dibawa dapat menggantikan populasi yang ada. Langkah terakhir adalah penghitungan sampel sesuai dengan instrumen penelitian yang dilakukan oleh peneliti. Untuk instrumen penelitian itu sendiri secara umum terdapat tiga metode penelitian, yaitu kualitatif, kuantitatif, dan Research and Development (R&D). Penentuan sampel merupakan proses yang kritis dalam penelitian, karena akan sangat menentukan derajat spekulasi yang dapat dicapai. Begitu pentingnya kualitas sampel, sehingga hasil eksplorasi dianggap tidak berguna jika sampel yang digunakan tidak memenuhi prasyarat presisi, kesahihan, dan keandalan. Bahkan dalam kondisi populasi terbaik, pengujian yang tepat untuk masalah pemeriksaan adalah pekerjaan yang sulit, karena ketepatan batas tidak pernah diketahui sepenuhnya.untuk mendapatkan sampel yang berkualitas dalam penelitian di bidang pendidikan, peneliti juga harus meminimumkan kesalahan dalam pengambilan sampel. Untuk itu peneliti perlu memahami dengan baik problematika penentuan sampel, sehingga diperoleh strategi yang optimal dalam penentuan sampel penelitiannya Kata kunci: Teknik Sampling, instrumen penelitian, Probability, Nonprobability

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Jan 2022 02:52
Last Modified: 25 Jan 2022 02:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17351

Actions (login required)

View Item View Item