TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP LARANGAN MENIKAH KARENA KETIDAKCOCOKAN NEPTU DALAM MASYARAKAT JAWA (Studi di Desa Suka Bhakti Kecamatan Gedungaji Baru Kabupaten Tulang Bawang)

Yuyun, Putri Lestari (2022) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP LARANGAN MENIKAH KARENA KETIDAKCOCOKAN NEPTU DALAM MASYARAKAT JAWA (Studi di Desa Suka Bhakti Kecamatan Gedungaji Baru Kabupaten Tulang Bawang). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI_PERPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam Islam pernikahan adalah salah satu hal yang dianjurkan oleh Rasulullah. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pernikahan yakni: syarat, rukun, dan larangan pernikahan. Fenomena yang ada di Desa Suka Bhakti Kecamatan Gedungaji Baru Kabupaten Tulang Bawang adalah adanya larangan pernikahan karena ketidakcocokan neptu dalam masyarakat adat Jawa, dimana larangan tersebut sudah ada sejak jaman nenek moyang terdahulu. Masyarakat Desa Suka Bhakti meyakini jika melanggar larangan tersebut makan dalam rumah tangganya akan terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini yang pertama adalah apa faktor yang melatarbelakangi terjadinya larangan pernikahan karena ketidakcocokan neptu dalam masyarakat adat Jawa di Desa Suka Bhakti? Kedua, bagaimana tinjauan hukum Islam tentang larangan pernikahan karena ketidakcocokan neptu dalam masyarakat adat Jawa di Desa Suka Bhakti Kecamatan Gedungaji Baru Kabupaten Tulang Bawang? Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sumber data: primer dikumpulkan melalui wawancara dan sekunder dikumpulkan melalaui dokumen-dokumen resmi, buku-buku ilmiah, dan hasil karya ilmiah yang berhubungan dengan objek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan pertama, yang menjadi faktor yang mempengaruhi larangan pernikahan karena ketidakcocokan neptu di Desa Suka Bhakti adalah masyarakat takut adanya musibah dalam rumah tangga mereka. Faktor larangan pernikahan yang dimaksud tidak ada dalam hukum Islam karena dalam hukum Islam adanya larangan pernikahan yang bersifat sementara dan bersifat selamanya. Tidak adanya larangan pernikahan karena ketidakcocokan neptu di dalam hukum Islam. Tentu hal ini bertentangan dengan nilai-nilai yang dianut oleh hukum Islam. Larangan pernikahan karena ketidakcocokan neptu tidak bisa diterima karena tidak sesuai dengan hukum Islam dan mempunyai alasan yang tidak logis, serta bertentangan dengan larangan pernikahan yang ada dalam al�Quran surat an-Nisa ayat 23 mengenai larangan pernikahan yang merupakan ketentuan Allah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Fakultas Syariah > Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Jan 2022 02:26
Last Modified: 25 Jan 2022 02:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17345

Actions (login required)

View Item View Item