PERAN ORANG TUA TERHADAP KESEHATAN MENTAL ANAK DALAM MENGHADAPI PROGRAM DARING PADA MASA PENDEMI DI DESA ENGGAL REJO KECAMATAN ADILUWIH KABUPATEN PRINGSEWU

IKA, MISLAILI YANA (2022) PERAN ORANG TUA TERHADAP KESEHATAN MENTAL ANAK DALAM MENGHADAPI PROGRAM DARING PADA MASA PENDEMI DI DESA ENGGAL REJO KECAMATAN ADILUWIH KABUPATEN PRINGSEWU. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1&5.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL IKA MISLAILI YANA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Kesehatan Mental yaitu dimana kondisi individu memiliki kesejahteraan yang tampak dari dirinya yang mampu menyadari potensinya sendiri, memiliki kemampuan untuk mengatasi tekanana hidup normal pada berbagai situasi dalam kehidupan sehari-hari seperti saat ini adanya program daring. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui peran orang tua terhadap kesehatan mental anak dalam menghadapi program daring pada masa pandemi di Desa Enggal Rejo Kecamatan Adiluwih Kabupaten Pringsewu dan untuk mengetahui kesulitan yang dihadapi orang tua dalam menjaga kesehatan mental anak dalam mengahadapi program daring pada masa pandemi di Desa Enggal Rejo Kecamatan Adiluwih Kabupaten Pringsewu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, menggunakan sumber data primer dan sekunder dan menggunakan teknik Proposive sampling, dengan jumlah sempel sebelas orang orang yang terdiri dari dua anak yang berusia 6-12 tahun dan sembilan orang tua yang memiliki anak usia 6-12 tahun yang sedang melakukan pembelajaran daring. Tehnik pengumpulan data menggunaka tehnik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa orang tua memiliki peran penting untuk anak-anak mereka yaitu orang tua memiliki peran sebagai guru, peran orang tua sebagai fasilitator, peran orang tua sebagai motivator, dan peran orang tua sebagai pengaruh. Dan hasil penelitian ini juga menunjukkan kesulitan yang dihapi orang tua yaitu latar pendidikan orang tua, tingkatan ekonomi orang tua, pekerjaan orang tua dan waktu yang tersedia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Jan 2022 02:23
Last Modified: 25 Jan 2022 02:23
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17344

Actions (login required)

View Item View Item