PENGARUH MODEL DMR (DISKURSUS MULTY REPRECENTACY) DENGAN PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN REPRESENTASI MATEMATIS PESERTA DIDIK SMP/MTs

IRMA, YULIANA (2022) PENGARUH MODEL DMR (DISKURSUS MULTY REPRECENTACY) DENGAN PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN REPRESENTASI MATEMATIS PESERTA DIDIK SMP/MTs. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of skripsi Irma Yuliana cetak.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pemahaman konsep dan representasi matematis dalam pembelajaran matematika merupakan suatu pemahaman yang perlu dikuasai oleh peserta didik guna menunjukkan peserta didik dalam proses belajar dan menyelesaikan berbagai permasalahan matematis. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk : 1). Mengetahui pengaruh DMR (Diskursus Multy Reprecentacy) dengan pendekatan reciprocal teaching terhadap pemahaman konsep dan representasi matematis peserta didik, 2) Mengetahui pengaruh model DMR (Diskursus Multy Reprentacy) dengan pendekatan reciprocal teaching terhadap pemahaman konsep peserta didik, 3) Mengetahui pengaruh model DMR (Diskursus Multy Reprecentacy) dengan pendekatan reciprocal teaching terhadap representasi matematis peserta didik. Jenis eksperimen yang dipakai dalam penelitian ialah Quasy Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VIII MTs Assifa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik acak kelas dimana kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pemahaman konsep dan tes Pemahaman representasi matematis. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji One-way Multivariate Analysis of Varians dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini yaitu (1) Terdapat pengaruh DMR (Diskursus Multy Reprecentacy) dengan pendekatan reciprocal teaching terhadap pemahaman konsep dan representasi matematis peserta didik, (2) Terdapat pengaruh penerapan model DMR (Diskursus Multy Reprentacy) dengan pendekatan reciprocal teaching terhadap pemahaman konsep peserta didik (3) Terdapat pengaruh penerapan model DMR (Diskursus Multy Reprecentacy) dengan pendekatan reciprocal teaching terhadap representasi matematis peserta didik. Kata Kunci : DMR , Reciprocal teaching, Pemahaman Konsep dan Representasi Matematis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Jan 2022 01:53
Last Modified: 25 Jan 2022 01:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17342

Actions (login required)

View Item View Item