KONSELING INDIVIDU DALAM MENGATASI KETIDAKPATUHAN SANTRI DALAM MENERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN SELAMA PANDEMI COVID-19 DI PONDOK PESANTREN DARUSSA’ADAH LAMPUNG TENGAH

ANA, BELLA PUANDINA (2022) KONSELING INDIVIDU DALAM MENGATASI KETIDAKPATUHAN SANTRI DALAM MENERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN SELAMA PANDEMI COVID-19 DI PONDOK PESANTREN DARUSSA’ADAH LAMPUNG TENGAH. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi Ana Bella Puandina.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Adanya Covid-19 ini diberlakukannya peraturan untuk mematuhi protokol kesehatan supaya tidak terpapar virus corona, semua aktivitas dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan (5M) sesuai anjuran pemerintah dimasa pandemi ini, termasuk kegiatan belajar mengajar di dalam lingkungan pondok pesantren, dengan adanya protokol kesehatan membuat santri harus terbiasa dengan aturan�atutran baru yang berlaku di pondok pesantern. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pelaksanaan konseling individu dan efektifitas konseling individu dalam mengatasi ketidakpatuhan santri dalam menerapkan protokol kesehatan selama pandemi covid-19 di pondok pesantren Darussa’adah Lampung Tengah. Jenis penelitian ini adalah field reaserch atau penelitian lapangan sifatnya deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode miles & hubermen yaitu data reduction, data display, verification, dalam pengambilan sempel peneliti menggunakan purposive sampling dengan mengambil beberapa orang yang tepat untuk dijadikan informan yakni 6 orang yang terdiri dari 1 orang konselor dan 5 orang santri jenjang SMP kelas VIII. Hasil yang dilakukan dalam pelaksanaan konseling individu dalam menggatasi ketidakpatuhan santri dalam menerapkan protokol kesehatan pada Tahap Awal yaitu membangun kemistri dengan santri, menjelaskan letak permasalah, memotivasi santri, melakukan perjanjian atau negosiasi terhadap pelanggaran yang dilakukan santri, Tahap pertengahan pada tahap ini konselor berupaya untuk menggali informasi terkait kendala dan memotivasi santri untuk taat pada protokol kesehatan serta menganalisis masalah penyebab ketidakpatuhan santri dalam menerapkan protokol kesehatan dan pada Tahap Akhir berupa pengamatan terhadap prilaku santri selama dilakukan konseling individu, keberhasilan tahap ini ditandai dengan perubahan prilaku santri sedikit demi sedikit menjadi taat terhadap peraruran untuk menerapkan protokol kesehatan dengan demikian konseling individu yang dilakukan dalam menerapkan protokol kesehatan dapat dikatakan efektif. Kesimpulannya konseling individu dalam penelitian ini dilakukan untuk mendisiplinkan para santri dalam menerapkan protokol kesehatan dimasa pandemi. Dengan melakukan konseling individu, santri dapat mengatasi masalahnya sehingga mampu melakukan kewajibannya menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Jan 2022 07:55
Last Modified: 24 Jan 2022 07:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17338

Actions (login required)

View Item View Item