STRATEGI PENGEMBANGAN PASAR TRADISIONAL DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PEMBELI MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi di Pasar Bumi Daya Kecamatan Palas Kabupaten Lampung Selatan)

MUHAMMAD, GHUFRON (2022) STRATEGI PENGEMBANGAN PASAR TRADISIONAL DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PEMBELI MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi di Pasar Bumi Daya Kecamatan Palas Kabupaten Lampung Selatan). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI MUHAMMAD GHUFRON.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam hal ini rumusan masalah dalam penelitian ini ialah 1. Bagaimana strategi pengembangan pasar tradisional di Pasar Bumi Daya Kecamatan Palas Kabupaten Lampung Selatan dalam meningkatkan kepuasan pembeli? 2. Bagaimana strategi pengembangan pasar tradisional di Pasar Bumi daya menurut perspektif ekonomi Islam? 3. Apa saja kendala yang di hadapi Pengelola dalam pengembangan pasar tradisional Bumi daya? Penelitian ini dilakukan guna bertujuan untuk menganalisis strategi seperti apa yang digunakan, baik pengelola pasar maupun pedagang dalam meningkatkan kepuasan pembeli. Lokasi yang diteliti berada di Pasar Bumi Daya Kecamatan Palas Kabupaten Lampung Selatan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif yaitu penelitian yang menggunakan latar alamiah, dengan tujuan menafsirkan fenomena yang terjadi dan dilakukan dengan melibatkan berbagai metode yang ada, berdasarkan teknik pengumpulan dan analisis data yang relevan yang diperoleh dari situasi yang alamiah. Untuk mendapatkan data yang relevan tersebut peneliti mewawancarai peserta penelitian atau partisipan dengan mengajukan pertanyaan yang umum dan luas. Informasi yang diperoleh kemudian dikumpulkan dan dianalisis. Pemaparan strategi pengembangan pasar tradisional Bumi Daya melalui pemeliharaan sarana prasarana kebersihan yaitu dengan diadakannya tempat sampah disekitar kios pasar dan adanya petugas kebersihan. Selanjutnya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yaitu dengan pembinaan kepada pengelola maupun pedagang pasar oleh dinas terkait. Selanjutnya, pengelolaan ketertiban dan keamanan pasar yaitu dengan diakannya petugas parkir dan pos keamanan di beberapa sudut pasar. Kemudian optimalisasi lahan pasar yitu dengan luas lahan yang dimiliki pasar Bumi Daya dimanfaatkan untuk infrastruktur bangunan pendukung pasar. Kata Kunci : Kepuasan Pembeli, Pasar Tradisional, Strategi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Jan 2022 07:49
Last Modified: 24 Jan 2022 07:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17336

Actions (login required)

View Item View Item