TINJAUAN HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF TERHADAP PERLINDUNGAN KONSUMEN APLIKASI DOMPET DIGITAL (Studi pada Aplikasi Dana)

HENDRIANSYAH, ISNADI (2022) TINJAUAN HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF TERHADAP PERLINDUNGAN KONSUMEN APLIKASI DOMPET DIGITAL (Studi pada Aplikasi Dana). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1&5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL HENDRIANSYAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi pada era modern saat ini, selalu memberikan dampak perubahan yang sangat cepat di berbagai bidang yang ada di kehidupan manusia, tidak terkecuali dalam bidang perekonomian. Salah satu inovasi tersebut adalah bidang finansial dalam sektor keuangan yang disebut financial technology, salah satunya adalah aplikasi Dana. Dana bisa diintegrasikan dan dipakai dalam berbagai paltform, baik eksternal maupun digital tetapi masih terintegrasi satu sama lain. Namun dibalik kelebihannya tersebut, masih terdapat permasalahan yang sering terjadi. Muncul kasus-kasus yang berkaitan dengan kerugian konsumen. Seperti saldo yang terpotong tanpa adanya transaksi, penipuan untuk mencuri saldo konsumen, bahkan hingga kasus kriminalitas berupa pembobolan account milik konsumen dan kasus-kasus lainnya. Oleh karena itu rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana praktik perlindungan konsumen yang terdapat pada aplikasi Dana dan bagaiamana tinjauan hukum Islam dan hukum positif terhadap praktik perlindungan konsumen pada aplikasi Dana. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), sifat penelitiannya deskriptif analisis, sumber datanya adalah data lapangan kemudian dianalisis menggunakan teori hukum Islam dan hukum positif. Sedangkan teknik pengumpulan datanya melalui wawancara (interview) kepada konsumen pengguna aplikasi dan pihak Dana. Teknik pengolahan datanya melalui editing dan sistematisasi data. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan metode induktif dan deduktif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut telah diperoleh kesimpulan bahwa: Pertama, praktik perlindungan konsumen yang terdapat pada aplikasi Dana telah tertera pada syarat dan ketentuan layanan, upaya perlidungan konsumen yang Dana berikan terkait kesalahan sistemnya Dana bertanggung jawab dan berusaha untuk menyelesaikan pengaduan/keluhan yang mengakibatkan kerugian bagi konsumen sesuai hukum dan syarat ketentuan yang berlaku. Kedua, perlindugan konsumen dalam transaksi dompet digital Dana pada dasarnya telah sesuai dengan hukum Islam di mana di dalamnya terdapat hak (dhaman) yaitu ganti rugi tidak merugikan/dirugikan menurut AL-Qur’an surat Al-Baqarah: 279. “...tidak menganiaya (merugikan) dan tidak dianiaya (dirugikan)”. Berdasarkan hukum positif bentuk perlindungan konsumen sebagian besar aturannya telah sesuai dengan Undang-undang No. 8 Tahun 1999 tetapi masih ada aturan yang tidak sesuai yaitu terkait dengan pelayanan Terms and Conditions yang pihak Dana berikan, hal ini berkaitan dengan pengaduan masalah dan pengajuan pengembalian dana yang masih terdapat aturan yang prosedurnya sulit

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Jan 2022 07:47
Last Modified: 24 Jan 2022 07:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17335

Actions (login required)

View Item View Item