ANALISIS PENETAPAN TARIF DASAR AIR BERDASARKAN TEORI FULL COST RECOVERY DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Pada PAMSIMAS di Desa Bumidaya, Kecamatan Palas, Kabupaten Lampung Selatan)

ABDUL, MUNIR (2022) ANALISIS PENETAPAN TARIF DASAR AIR BERDASARKAN TEORI FULL COST RECOVERY DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Pada PAMSIMAS di Desa Bumidaya, Kecamatan Palas, Kabupaten Lampung Selatan). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI Abdul Munir.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Tarif yang mengandung konsep full cost recovery adalah tarif yang sama dengan biaya dasar produksi air bersih. Evaluasi tarif dasar air bersih program PAMSIMAS dilakukan untuk mencapai keberpihakan pada semua pemegang kepentingan dalam pemanfaatan dan pengelolaan air bersih program PAMSIMAS yaitu masyarakat sebagai konsumen atau pelanggan dan Badan Pengelola Sarana (BPS) sebagai pengelola program PAMSIMAS. Rumusan masalah dalam penelitian ini untuk melihat bagaimanakah penerapan Teori Full Cost Recovery dalam menetapkan tarif PAMSIMAS dan juga bagaimanakah tinjauan Ekonomi Islam mengenai penetapan tarif PAMSIMAS di desa Bumidaya, Kecamatan Palas, Kabupaten Lampung Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah para pengurus BP SPAMS Jaya mandiri Desa Bumidaya. Variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tarif dasar air. Sedangkan untuk variabel independen dalam penelitian ini adalah teori pemulihan biaya penuh (full cost recovery) dan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penetapan tarif berdasarkan teori full cost recovery adalah tarif yang sama dengan biaya dasar yang dikeluarkan, sehingga tarif dasar air bersih PAMSIMAS Desa Bumidaya adalah sebesar Rp 2.143/m3 . Hasil ini lebih rendah dibandingkan tarif yang berlaku saat ini sebesar Rp 3.000/m3 , tentu hasil penelitian ini akan menjadi bahan pertimbahan pemerintah Desa Bumidaya dalam menetapkan tarif PAMSIMAS mengingat tujuan program ini adalah membantu masyarakat. Dalam perspektif Ekonomi Islam, penetapan harga yang dilakukan oleh pihak BP SPAMS Jaya Mandiri masih dalam batas kewajaran dan tidak menzalimi masyarakatnya.. Kata kunci : Tarif dasar air, full cost recovery, PAMSIMAS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Jan 2022 07:29
Last Modified: 24 Jan 2022 07:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17333

Actions (login required)

View Item View Item