PENGARUH WORD OF MOUTH DAN E-COMMERCE TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Yummy Pie Kota Bandar Lampung)

ELLA, SEPTIANA (2022) PENGARUH WORD OF MOUTH DAN E-COMMERCE TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Yummy Pie Kota Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1`5 DAPUS.pdf] PDF
Download (876kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL ELLA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pendapatan merupakan unsur yang sangat penting dalam sebuah usaha perdagangan, karena dalam melakukan suatu usaha tentu ingin mengetahui nilai atau jumlah pendapatan yang diperoleh selama melakukan usaha tersebut. Dalam arti ekonomi, pendapatan merupakan balas jasa terhadap penggunaan faktor-faktor produksi yang dimiliki oleh sektor rumah tangga dan sektor perusahaan yang dapat berupa gaji/upah, sewa, bunga serta keuntungan/profit. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana word of mouth dan e-commerce secara parsial dan simultan berpengaruh terhadap peningkatan pendapatan, bagaimana word of mouth dan e�commerce berpengaruh terhadap peningkatan pendapatan menurut Perspektif Ekonomi Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis word of mouth dan e-commerce berpengaruh positif terhadap peningkatan pendapatan secara parsial dan simultan serta untuk mengetahui dan menganalisis word of mouth dan e-commerce terhadap peningkatan pendapatan dalam Perspektif Ekonomi Islam. Metodologi penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sumber data primer dan data sekunder. Sampel pada penelitian ini berjumlah 30 karyawan di Yummy Pie sebagai responden dengan menggunakan teknik sampling. Dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas dan uji prasyarat yang menggunakan uji normalitas dan uji multikoliearitas. Proses analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan alat pengolahan data SPSS 20. Hasil dalam penelitian secara parsial menunjukkan bahwa variabel word of mouth tidak berpengaruh signifikan terhadap peningkatan pendapatan, e-commerce berpengaruh positif terhadap peningkatan pendapatan di yummy pie Kota Bandar Lampung. Hasil penelitian secara simultan menunjukkan bahwa variabel word of mouth dan e-commerce berpengaruh signifikan terhadap peningkatan pendapatan di yummy pie Kota Bandar Lampung. Hasil analisis uji koefisien determinan R-Squared sebesar 0,225. Hal ini berarti bahwa varians dan word of mouth dan e-commerce mampu menjelaskan iv varians sebesar 22,5% sedangkan sisanya 77,5% dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian. Kata Kunci : word of mouth, e-commerce, peningkatan pendapatan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Jan 2022 07:18
Last Modified: 24 Jan 2022 07:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17329

Actions (login required)

View Item View Item