PELAKSANAAN PENGELOLAAN ZAKAT INFAK SEDEKAH PADA LEMBAGA AMIL ZAKAT YATIM MANDIRI LAMPUNG DAN DAMPAKNYA TERHADAP TINGKAT KESEJAHTERAAN YATIM DAN DHUAFA KOTA BANDAR LAMPUNG (Studi Kasus Lembaga Amil Zakat Nasional Yatim Mandiri Lampung)

RIDHO, WAHYUNI (2022) PELAKSANAAN PENGELOLAAN ZAKAT INFAK SEDEKAH PADA LEMBAGA AMIL ZAKAT YATIM MANDIRI LAMPUNG DAN DAMPAKNYA TERHADAP TINGKAT KESEJAHTERAAN YATIM DAN DHUAFA KOTA BANDAR LAMPUNG (Studi Kasus Lembaga Amil Zakat Nasional Yatim Mandiri Lampung). Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of TESIS 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of TESIS RIDHO WAHYUNI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Zakat infak sedekah merupakan sumber daya potensial yang bisa dimanfaatkan sebagai upaya mewujudkaan dan membantu meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat miskin. Fakta di lapangan masih banyak masyarakat miskin yang belum tersentuh dan belum dirasakan secara signifikan dari hasil distribusi zakat. Perintah menunaikan zakat sebagai aktualisasi keimanan, oleh sebab itu pelaksanaan pengelolaan zakat infaq dan shadaqah harus dikelola dengan baik dan benar sesuai ketentuan, sehingga tujuan zakat dapat tercapai. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana implementasi pengelolaan Dana ZIS menurut UU Nomor 23 Tahun 2011 pada Lembaga Amil Zakat Yatim Mandiri di Kota Bandar Lampung. 2. Bagaimana dampak pengelolaan dana ZIS di Lembaga Amil Zakat Nasional Yatim Mandiri Lampung terhadap tingkat kesejahteraan Yatim dan Dhuafa?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi pengelolaan dana ZIS menurut UU No 23 Tahun 2011 dan menganalisis dampak pengelolaan dana ZIS terhadap tingkat kesejahteraan Yatim dan Dhuafa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang dilakukan pada Lembaga Amil Zakat Nasional Yatim Mandiri Lampung. Data primer dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Populasi dari seluruh karyawan Lembaga Amil Zakat Yatim Mandiri Lampung dan penerima dana ZIS 79 orang. Sampel yang diambil 11 orang karyawan dan 6 orang penerima dana ZIS. Pengolahan data melalui editing dan sistematisasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dengan pendekatan berfikir menggunakan metode deduktif. Implementasi pengelolaan dana ZIS di Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) Yatim Mandiri Lampung yaitu 1. Kurangnya sosialisasi dan edukasi tentang zakat, menyebabkan masih rendahnya minat muzakki untuk dapat menyalurkan sebagian hartanya memlalui LAZNAS Yatim Mandiri. 2. rendahnya tingkat kepercayaan calon muzakki kepada lembaga amil zakat berpengaruh pada program-program yang akan disalurkan kepada yatim dan dhuafa dan menyebabkan ketidakmerataan bagi kesejahteraan dan kemaslahatan umat. Saat ini hanya beberapa program saja yang dapat diterapkan. Pengelolaan ZIS oleh LAZNAS Yatim Mandiri Lampung melalui program pendidikan gratis beasiswa yang diberikan memiliki ketentuan dan syarat, salah satunya calon penerima (yatim) harus memiliki nilai standar sebagai acuan dan untuk program kemanusiaan (daerah terkena dampak bencana) dikhususkan hanya bagi yang berstatsus yatim. Kata Kunci : Pelaksanaan Pengelolaan Dana Zakat Infaq Sedekah

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Jan 2022 04:37
Last Modified: 24 Jan 2022 04:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17319

Actions (login required)

View Item View Item