ANALISIS PERBEDAAN KINERJA KEUANGAN DAN HARGA SAHAM ANTARA PERUSAHAAN YANG MELAKUKAN STOCK SPLIT DENGAN PERUSAHAAN YANG TIDAK MELAKUKAN STOCK SPLIT MENGGUNAKAN MANN WHITNEU U-TEST.

HANNY, MELINDA (2022) ANALISIS PERBEDAAN KINERJA KEUANGAN DAN HARGA SAHAM ANTARA PERUSAHAAN YANG MELAKUKAN STOCK SPLIT DENGAN PERUSAHAAN YANG TIDAK MELAKUKAN STOCK SPLIT MENGGUNAKAN MANN WHITNEU U-TEST. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI HANNYMELINDA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui dan menjelaskan perbedaan kinerja keuangan dan harga saham antara perusahaan yang melakukan stock split dengan perusahaan yang tidak melakukan stock split pada perusahaan yang terdaftar di Index Saham Syariah Indonesia tahun 2017-2019.variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kinerja keuangan dan harga saham yang terdiri Dari Current Ratio, Debt To Equity Ratio, Return On Equity, Return On Asset, Total Asset Turnover, Price Earning Ratio Dan Price To Book Value. Penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria perusahaan yang melakukan stock split pada tahun 2017-2019 dan perusahaan yang tidak melakukan stock split dan diperoleh sampel sebanyak 30 perusahaan yang terdiri dari 15 perusahaan yang melakukan stock split dan 15 perusahaan yang tidak melakukan stock split sebagai perusahaan pembanding. Data yang digunakan merupakan data sekunder berupa laporan tahunan perusahaan yang melakukan stock split, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah uji mann whitney u-test dengan menggunakan SPSS 20 dengan taraf signifikan 0.05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menunjukkan bahwa kinerja keuangan yang diukur dengan menggunakan Current ratio, debt to equity ratio, return on equity, return on asset, total asset turnover. Sedangkan untuk harga saham diukur menggunakan Price earning ratio dan Price to book value, secara statistik terdapat perbedaan yang signifikan antara perusahaan yang melakukan stock split dengan perusahaan yang tidak melakukan stock split. Perusahaan yang melakukan stock split lebih baik dalam hal kinerja keuangan dan harga saham. Pada pengambilan keputusan dalam islam atau dalam perspektif ekonomi islam diambil dengan cara menjunjung prinsip salah satunya musyawarah yang disepakati oleh setiap pihak sama halnya dengan pengembilan keputusan perusahaan untuk melakukan stock split keduanya sama-sana dilakukan setelah adanya kesepakatan antara semua pihak. Kata kunci : Kinerja keuangan, harga saham dan stock split

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Jan 2022 03:16
Last Modified: 24 Jan 2022 03:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17305

Actions (login required)

View Item View Item