PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING (BBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA NEGERI 2 KOTABUMI

ALSYA, OZA NIDITA (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING (BBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA NEGERI 2 KOTABUMI. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVE, BAB1, BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI ALSYA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Pengaruh Model Pembelajaran Brain Based Learning (BBL) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Di SMA Negeri 2 Kotabumi Oleh : Alsya Oza Nidita Rendahnya kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan literasi sains pada peserta didik menjadi permasalahan yang harus diperbaiki, dimana dalam pra penelitian ini ditemukan masih kurangnya kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan literasi sains peserta didik kelas X di SMA Negeri 2 Kotabumi. Dengan demikian dilakukanlah penelitian ini yang bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Brain Based Learning memiliki pengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan literasi sains peserta didik di SMA Negeri 2 Kotabumi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes dengan soal uraian dan non tes dengan dokumentasi. Sampel penelitian terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 35 dan 34 siswa. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat pengaruh model pembelajaran Brain Based Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan literasi sains peserta didik kelas X di SMA Negeri 2 Kotabumi. Perbedaan kemampuan pemahaman konsep kelas eksperimen dengan kelas kontrol yakni 86% dengan 69%. Sedangkan untuk kemampuan literasi sains kelas eksperimen 79% dan kelas kontrol 72%. Adanya pengaruh juga dapat dilihat dari uji hipotesis yang memperoleh nilai sig. 0,000 < 0,05 dengan demikian penelitian yang dilakukan dapat menjawab rumusan masalah yang telah ditentukan. Kata Kunci : Brain Based Learning, Kemampuan Pemahaman Konsep, Kemampuan Literasi Sains

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Jan 2022 03:13
Last Modified: 24 Jan 2022 03:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17303

Actions (login required)

View Item View Item