HUBUNGAN KEDISIPLINAN DENGAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR KELAS IV DI SD NEGERI 6 PENENGAHAN BANDAR LAMPUNG

RISKI, PUTRI PRIMADINI (2022) HUBUNGAN KEDISIPLINAN DENGAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR KELAS IV DI SD NEGERI 6 PENENGAHAN BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI KECIL RISKI PUTRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Kedisiplinan belajar merupakan bagian proses pengajaran dalam pendidikan. Kedisiplinan belajar adalah kepatuhan seseorang dalam mengikuti peraturan atau tata tertib karena didorong oleh adanya kesadaran yang ada pada kata hatinya. Prestasi belajar adalah bukti keberhasilan peserta didik dalam memperoleh keterampilan belajar yang dilakukan dalam jangka waktu tertentu yang diwujudkan dalam bentuk nilai atau angka. Kedisiplinan dapat mempengaruhi keberhasilan prestasi belajar peserta didik. Berdasarkan hasil pra penelitian data awal yaitu data dokumentasi, wawancara dan catatan lapangan yang diperoleh peneliti, menunjukkan bahwa peserta didik kurang memiliki kedisiplinan terhadap tata tertib yang ada disekolah. Penelitian ini mempunyai tujuan yaitu adalah untuk mengetahui apakah ada Hubungan Kedisiplinan dengan Prestasi Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar Kelas IV di SD Negeri 6 Penengahan Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi untuk menguji hubungan antar dua variabel. Variabel dalam penelitian ini adalah Kedisiplinan (X), dan Prestasi Belajar (Y). Populasi dalam penelitian ini berjumlah 30 peserta didik dengan jumlah sampel 30 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling yang dimana menjadikan seluruh anggota populasi sebagai sampel penelitian. Teknik pengambilan data menggunakan dokumentasi dan angket. Uji hipoetsis menggunakan product moment. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa nilai atau 0,726 > 0,374 sehingga pada taraf signifikan 5% lebih besar dari maka terdapat hubungan yang signifikan antara Kedisiplinan dengan Prestasi Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar Kelas IV di SD Negeri 6 Penengahan Bandar Lampung, hal ini menunjukkan bahwa hipotesis yang peneliti ajukan diterima, dimana Ha sebagai hipotesis pertama diterima dan Ho sebagai hipotesis kedua ditolak dan hal ini menunjukkan hubungan Kedisiplinan dengan Prestasi Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar Kelas IV di SD Negeri 6 Penengahan Bandar Lampung masuk kedalam derajat hubungan yang kuat. Kata Kunci : Kedisiplinan, Prestasi Belaja

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Jan 2022 03:08
Last Modified: 24 Jan 2022 03:08
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17302

Actions (login required)

View Item View Item