Hidden Curriculum dalam pembentukan karakter di Sma Alkautsar Bandar Lampung

Hamhij, Nazhifah (2017) Hidden Curriculum dalam pembentukan karakter di Sma Alkautsar Bandar Lampung. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
PDF
Download (596kB) | Preview
[thumbnail of Halaman_Depan.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Isi.pdf]
Preview
PDF
Download (71kB) | Preview
[thumbnail of Tesis.pdf]
Preview
PDF
Download (882kB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
PDF
Download (93kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah keprihatinan akan permasalahan yang menyangkut peserta didik yang terjadi saat ini adalah masih adanya perilaku menyimpang dari peserta didik yang sering diistilahkan dengan kenakalan remaja yang terjadi di SMA ALKAUTSAR Bandar Lampung. Berbagai upaya yang telah dilakukan oleh pemerintah dan lembaga pendidikan untuk mencegah kenakalan remaja salah satunya dengan pendidikan karakter. Melalui pendidikan karakter sebagai usaha mengubah paradigma peserta didik dalam menanggulangi kenakalan remaja. Penelitian ini dilakukan di SMA Alkautsar Bandar lampung. Penelitian ini bertujuan untuk dapat menganalisis dan membuktikan lebih dalam peran hidden curriculum dan pembentukan karakter peserta didik di SMA Alkautsar Bandar Lampung. Metodologi dalam penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Analisis data dilakukan melalui prosedur reduksi data, penyajian data dan verifikasi data serta penarikan kesimpulan. Sumber data primer penelitian ini didapatkan dari hasil wawancara langsung dengan informan yang terdiri dari kepala sekolah, guru dan peserta didik, serta hasil dari observasi, dan sumber skunder diperoleh dari berbagai studi dokumen, naskah, dan arsip yang berkaitan dengan pelaksanaan hidden curriculum dalam membentuk karakter yang peneliti temukan di SMA Alkautsar Bandar Lampung. Berdasarkan hasil analisa peneliti bahwa aspek dalam hidden curriculum tertuang melalui kegiatan peribadatan (shalat duha, tadarrus Al-qur’an, shalat berjamaah, shalat jum’at), tabungan amal saleh, reading habbit,ekstrakurikuler pada bidang seni, kegiatan ekstrakurikuler pada bidang olahraga, fasilitas sekolah dan kegiatan rutin yang dapat membentuk karakter. Simpulan tesis ini SMA Alkautsar mendesain program hidden curriculum untuk pembentukan karakter peserta didik. Simpulan umum penelitian adalah bahwa SMA ALKAUTSAR Bandar Lampung melaksanakan berbagai kegiatan untuk membentuk karakter peserta didik. Praktik hidden curriculum di SMA Alkautsar berhasil membentuk 7 karakter peserta didik yaitu kejujuran, tanggung jawab, toleransi, disiplin diri, religius, mandiri dan peduli sesama. Untuk mewujudkan keberhasilan dalam membentuk karakter melalui aspek hidden curriculum diperlukan kerjasama dari semua stakeholders di SMA ALKAUTSAR. Mulai dari kepala sekolah, guru, pegawai administrasi, satpam, penjaga kantin, office boy serta lingkungan sekolah yang berkomitmen dalam rangka mewujudkan peserta didik yang berkarakter agar terhindar dari kenakalan remaja. Sekolah bisa membuat semacam diskusi ilmiah terkait hidden curriculum dalam berbagai aspek-aspek kegiatan yang ada.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Rohai Inah Indrakasih
Date Deposited: 30 Oct 2017 01:09
Last Modified: 30 Oct 2017 01:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1730

Actions (login required)

View Item View Item