PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCURSUS MULTY REPRECENTASI (DMR) TERHADAP HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK KELAS VIII MTS NEGERI 1 TANGGAMUS

MARIA, ULFA (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCURSUS MULTY REPRECENTASI (DMR) TERHADAP HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK KELAS VIII MTS NEGERI 1 TANGGAMUS. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI.MARIA.ULFA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui: Pengaruh model pembelajaran DMR (Diskursus Multi Representasi) terhadap hasil belajar peserta didik. Manfaat Penelitian Manfaat dari penelitian ini yaitu: Sebagai acuan pendidik, untuk menambah kualitas pendidikan. Metode kuantitatif merupakan metode yang digunakan dalam penelitian ini. Jenis eksperimen yang digunakan adalah Quasy Experimen design yaitu desain ini memiliki kelompok kontrol tetapi tidak berfungsi sepenuhnya untuk mengontrol variabel-variabel luar yang mempengaruhi pelaksanaan eksperimen. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis yang telah diuraikan pada bab sebelumnya, maka dapat diambil kesimpulan terdapat pengaruh model pembelajaran discursus multy reprecentasi (dmr)terhadap hasil belajar akidah akhlak kelas viii mts negeri 1 tanggamus antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian hipotesis, bahwa nilai Sig. (2- tailed) sebesar 0,000. nilai Sig. (2-tailed) ini lebih kecil dari 0,05 (5%), yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil dari analisis dari pada penelitan ini dapat disimpulkan bahwa telah terdapatnya pengaruh model pembelajaran discursus multy reprecentasi (dmr) terhadap hasil belajar akidah akhlak kelas VIII Mts Negeri 1 tanggamus. Hasilnya dapat terlihat dari hasil pretest yaitu pada kelompok kelas exsperimen dan kelompok kontrol dari jumlah respondennya 30 Siswa, lalu rata rata nilai dari posttest kelomok kontrol adalah 1.642 Dan hasil dari postest kelompok exsperimen adalah 2.087 dari jumlah responden Siswa Kelas VIII Mts Negeri 1 Tangamus dan kedua nilai dari perbadingan tersebut telah terlihat perbandingannya yang mana nilai rata rata posttest kelompok kelas exsperimen lebih tinggi dari pada nilai rata-rata pretest kelompok kelas Kontrol.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Jan 2022 02:59
Last Modified: 24 Jan 2022 02:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17299

Actions (login required)

View Item View Item