ANALISIS PENGETAHUAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP PERILAKU PEDAGANG MUSLIM DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (pasar tugu Bandar Lampung)

DERNANI, HELMI (2022) ANALISIS PENGETAHUAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP PERILAKU PEDAGANG MUSLIM DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (pasar tugu Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI DERNANI bab 1-5 new.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini di latarbelakangi oleh perkembangan zaman yang ditandai dengan perkembangan ekonomi yang semakin pesat sehingga menimbulkan persaingan bisnis yang semakin tinggi. Dengan persaingan yang begitu tinggi pelaku bisnis menggunakan segala cara untuk mendapatkan keuntungan bahkan para pelaku bisnis sering mengabaikan etika dalam menjalankan bisnis. Perdagangan merupakan aktivitas bisnis yang paling banyak dijalankan oleh manusia. Tidak sedikit pedagang muslim yang masih melakukan perilaku menyimpang dalam kegiatan perdagangan yang dilakukan. Di Pasar Tugu sendiri masih terlihat adanya beberapa penyimpangan sehingga etika bisnis islam sangat perlu untuk diterapkan oleh pedagang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan dan penerapan etika bisnis Islam terhadap perilaku pedagang muslim di Pasar Tugu Bandar Lampung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengetahuan etika bisnis Islam terhadap perilaku pedagang muslim dipasar tugu Bandar Lampung? Dan bagaimana penerapan etika bisnis islam terhadap perilaku pedagang muslim dipasar tugu Bandar Lampung? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengetahuan etika bisnis islam terhadap perilaku pedagang muslim dipasar tugu Bandar Lampung, Dan untuk mengetahui penerapan etika bisnis islam terhadap perilaku pedagang muslim dipasar tugu Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang termasuk penelitian lapangan (field research) dan bersifat deskriptif. Populasi dalam penelitian sebanyak 153 pelaku usaha dengan jumlah yang aktif dan terlibat langsung. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling diambil sebanyak 20% dari populasi serta 20 orang pembeli. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah over observation, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan tiga tahapan editing data, penyajian data dan analisis data. Berdasarkan penelitian ini menunjukkan semua pedagang muslim di Pasar Tugu Bandar Lampung telah memiliki pengetahuan etika bisnis islam yang baik hal ini dapat dilihat dari niat yang baik saat para pedagang mengawali kegiatan berdagang dengan mengharapkan ridho Allah swt, disela-sela berdagang mereka tidak lupa akan kewajibannya kepada Allah swt untuk menunaikan shalat, melakukan perdagangan suka sama suka antara pedagang dan pembeli, adanya akhlak dan mental yang baik, tidak mau melakukan kecurangan serta apa yang mereka jual itu halal. Akan tetapi untuk penerapan etika bisnis islam terhadap perilaku pedagang dilihat dari keempat indikator etika perdagangan dalam islam yang dijadikan sebagai tolak ukur secara umum belum diterapkan dengan baik oleh para pedagang dipasar tugu Bandar Lampung masih adanya beberapa pedagang melakukan kecurangan terhadap pembeli, namun disisi lain pedagang lainnya sudah ada yang menerapkan etika perdagangan dalam islam dalam melakukan usahanya. Kata Kunci : Etika Bisnis Islam, Perilaku Pedagang Muslim

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Jan 2022 02:44
Last Modified: 24 Jan 2022 02:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17296

Actions (login required)

View Item View Item