PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTUAN MIT APP INVENTOR TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS

SYARIFAH, SRI RAHAYU (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTUAN MIT APP INVENTOR TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI Syarifah Sri Rahayu.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran matematika berbantuan MIT App Inventor terhadap kemampuan penalaran matematis berupa aplikasi android program linear yang layak guna menunjang proses pembelajaran serta memperoleh respon menarik oleh siswa. Latar belakang dari penelitian ini yaitu masih rendahnya kemampuan penalaran siswa serta kurang maksimalnya siswa dalam penggunaan teknologi digital pada proses pembelajaran. Model yang diterapkan pada metode penelitian dan pengembangan (R & D) ini yaitu ADDIE. Model tersebut terdiri dari 5 tahap yaitu 1) Analyze, 2) Design, 3) Develop, 4) Implement, 5) Evaluate namun adanya pembatasan penelitian menyebabkan hanya sampai pada tahap develop (pengembangan). Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI Kimia Industri SMK SMTI Bandar Lampung. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, angket validator media dan materi, serta angket respon kemenarikan siswa. Hasil validasi media diperoleh skor 3,56 dan validasi materi 3,86 dengan kategori “Layak Digunakan”. Respon kemenarikan siswa dilakukan dengan uji coba perorangan dengan nilai rata-rata 3,50, uji coba kelompok kecil memperoleh hasil 3,55, dan uji coba lapangan didapatkan nilai range 3,58 dengan kriteria “Sangat Menarik”. Kata Kunci: Media Pembelajaran Matematika; MIT App Inventor; Kemampuan Penalaran Matematis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Jan 2022 02:21
Last Modified: 24 Jan 2022 02:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17292

Actions (login required)

View Item View Item