Pengaruh metode pembelajaran course review horay dalam meningkatkan aktifitas dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam di Sdn 1 Surabaya Bandar Lampung

Mulyantari, Septika (2017) Pengaruh metode pembelajaran course review horay dalam meningkatkan aktifitas dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam di Sdn 1 Surabaya Bandar Lampung. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
PDF
Download (512kB) | Preview
[thumbnail of Halaman_Depan.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Isi.pdf]
Preview
PDF
Download (868kB) | Preview
[thumbnail of Bab_I.pdf]
Preview
PDF
Download (256kB) | Preview
[thumbnail of Bab_II.pdf]
Preview
PDF
Download (624kB) | Preview
[thumbnail of Bab_III.pdf]
Preview
PDF
Download (538kB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
PDF
Download (494kB) | Preview
[thumbnail of Bab_V.pdf]
Preview
PDF
Download (101kB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pra penelitian menunjukan bahwa aktivitas dan hasil belajar peserta didik SDN 1 Surabaya Bandar Lampung masih rendah. Maka penulis tertarik untuk menerapkan metode pembelajaran Course Review Horay (CRH) yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Course Review Horay (CRH) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran PAI di SDN 1 Surabaya Bandar Lampung . Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasy Experimental Design (desain eksperimen semu) dengan rancangan penelitian faktorial 2x3. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 1 Surabaya Bandar Lampung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik acak, dimana kelas V A merupakan kelas eksperimen dan kelas V B merupakan kelas kontrol penelitian dengan materi puasa di bulan ramadhan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket aktivitas belajar peserta didik dan hasil belajar peserta didik. Pengujian hipotesis menggunakan analisis variansi dua jalan sel tak sama, dengan taraf signifikansi 5%. Dari hasil analisis diperoleh Fa =13.750 > Ftabel = 3.996 sehingga H0A ditolak, Fb=5,580 >Ftabel = 3.145 sehingga H0B ditolak, dan Fab= 0.031 < Ftabel=3.145 sehingga H0AB diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) metode pembelajaran Course Review Horay (CRH) yang lebih baik dari pada metode pembelajaran konvensional,(2) terdapat pengaruh peningkatan hasil belajar antara aktivitas belajar peserta didik kelompok tinggi, sedang dan rendah,(3) terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan aktivitas belajar peserta didik terhadap hasil belajar,(4) peningkatan aktivitas belajar yang memperoleh metode pembelajaran Course Review Horay (CRH) lebih baik daripada yang memperoleh metode pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Rohai Inah Indrakasih
Date Deposited: 27 Oct 2017 08:44
Last Modified: 27 Oct 2017 08:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1729

Actions (login required)

View Item View Item