PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) MATEMATIS SISWA KELAS VIII MTS HIDAYATUL MUBTADIIN JATI AGUNG

NUR, ASTUTI (2022) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) MATEMATIS SISWA KELAS VIII MTS HIDAYATUL MUBTADIIN JATI AGUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI NUR ASTUTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Higher Order Thinking Skills (HOTS) merupakan proses kemampuan berpikir matematis tingkat tinggi yang perlu dikuasai oleh siswa guna menunjang siswa dalam proses belajar dan menyelesaikan masalah matematika. Kemampuan komunikasi matematis dan Kemampuan koneksi matematis merupakan dua dari beberapa aspek Higher Order thinking Skills (HOTS Dalam artikel ini peneliti melaporkan bagaimana Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada aspek kemampuan komunikasi dan kemampuan koneksi matematis siswa MTs Hidayatul Mubtadiin Jati Agung setelah diberi perlakuan menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Hidayatul Mubtadiin Jati Agung dengan sampel yang diambil menggunakan teknik Cluster Random Sampling berjumlah 64 siswa (kelas eksperimen dan kelas kontrol ). Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasy Experimental Design. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu instrumen tes esai kemampuan komunikasi dan kemampuan koneksi matematis. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji Multivariate Analysis of Variance (MANOVA) dengan nilai signifikasi . Berdasarkan hasil penelitian dan perhitungan yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa dari kemampuan komunikasi matematis sebesar dan kemampuan koneksi matematis sebesar , sehingga nilai dari masing-masing kemampuan kurang dari , maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh model problem based learning terhadap Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada aspek kemampuan komunikasi matematis dan kemampuan koneksi matematis siswa baik secara parsial maupun simultan. Hasil kemampuan koneksi matematis lebih baik dibanding kemampuan komunikasi matematis untuk kedua perlakuan pembelajaran yang diberikan. Kata Kunci: Higher Order Thinking Skills, Kemampuan Komunikasi Matematis, Kemampuan Koneksi Matematis, Problem Based Learning

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Jan 2022 07:23
Last Modified: 21 Jan 2022 07:23
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17286

Actions (login required)

View Item View Item