ANALISIS HUKUM ISLAM TERHADAP SUAMI YANG MENGGUNAKAN MAHAR ISTRI UNTUK KEPENTINGAN PRIBADI (Studi Kasus di Desa Teluk Dalem Kecamatan Mataram Baru Lampung Timur)

IRKHAMNI, HABIBUROHMAN (2022) ANALISIS HUKUM ISLAM TERHADAP SUAMI YANG MENGGUNAKAN MAHAR ISTRI UNTUK KEPENTINGAN PRIBADI (Studi Kasus di Desa Teluk Dalem Kecamatan Mataram Baru Lampung Timur). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI_IRKHAMNI HABIBUROHMAN_1621010197.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan menycsri informasi tentang sorang laki�laki atau suami yang mengguanakan mahar istrinya untuk kepentingan pribadi pada masyarakat Desa Teluk Dalem Kecamatan Mataram Baru Kabupaten Lampung Timur dan mayoritas beragama Islam. Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan pendekatan hukum susiologi dengan pendekatan studi kasus, dalam hal ini dengan mencari informasi dan mewawancarai responden bagaimana proses penggunaan mahar yang dilakukan di desa tersebut. Jenis penelitian ini termasuk ke dalam penelitian field research yaitu penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif analisis. Sumber data: Primer dikumpulkan melalui wawancara, dokumentasi, data-data. hasil penelitian dengan objek penelitian. Mahar merupakan pemberian dari calon mempelai laki-laki kepada calon mempelai wanita, baik berbentuk barang, uang, ataupun jasa, yang tidak bertentangan dengan hukum Islam. Pemberian mahar termasuk keutamaan agama Islam dalam melindungi dan memuliakan kaum wanita dan rasa cinta kasih seorang suami kepada calon istrinya. Dalam studi kasus di Desa Teluk Dalem Kecamatan Mataram Baru Kabupaten Lampung Timur sangat jelas bahwa seorang suami telah menggunakan mahar istrinya untuk kepentingan pribadi yang melatarbelakangi penggunaan mahar terdapat dua faktor yaitu faktor ekonomi dan faktor kurangnya pemahaman agama. Penggunaan mahar terhadap sorang suami yang yang menggunakan mahar istri untuk kepentingan pribadi sangat jelas dilarang dalam Hukum Islam mahar adalah hak istri yang diberikan suami untuk dirinya. Terhadap kedudukan mahar sangat jelas hukum Islam sangat melarang seoarang suami mengguanakan mahar istrinya dengan secara sepihak. Mahar boleh digunakan oleh suami ketika istri benar-benar ridho dan ikhlas jika maharnya digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Fakultas Syariah > Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Jan 2022 07:08
Last Modified: 21 Jan 2022 07:08
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17285

Actions (login required)

View Item View Item