ALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA KONTEKSTUAL PADA MATERI SEGIEMPAT BERDASARKAN ANALISIS NEWMAN DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER (Studi Kasus Pada Siswa VII SMPN 3 JATI AGUNG LAMSEL)

ANGGUN, CAHYANI SAPUTRI (2022) ALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA KONTEKSTUAL PADA MATERI SEGIEMPAT BERDASARKAN ANALISIS NEWMAN DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER (Studi Kasus Pada Siswa VII SMPN 3 JATI AGUNG LAMSEL). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI ANGGUN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Rendahnya tingkat pemecahan masalah matematika kontekstual pada peserta didik, perbedaan jenis kelamin menyebabkan banyaknya perbedaan hasil belajar yang dialami peserta didik terutama peserta didik laki-laki kurang rajin dibandingkan dengan peserta didik perempuan sehingga pemecahan masalah peserta didik perempuan lebih baik daripada peserta didik laki-laki dan kurangnya minat peserta didik dalam pembelajaran matematika, sehingga peneliti ingin mengetahui bagaimana kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika menggunkan analisis newman berdasarkan perbedaan gender. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di SMPN 3 Jatiagung pada kelas VII Tahun Ajaran 2021/2022.Data diperoleh melalui instrument wawancara, tes, observasi dan dokumentasi dengan menggunakan metode triangulasi data yaitu triangulasi teknik. Instrumen penelitian berupa tes, wawancara dan observasi berdasarkan tahapan analisis newman. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan yang bertujuan untuk mengetahui kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika menggunkan analisis newman berdasarkan perbedaan gender. Peserta didik laki-laki maupun perempuan tidak melakukan kesalahan pada tahapan pertama yaitu membaca soal. Dari analisis diketahui bahwa mereka dapat membaca semua.Letak kesalahan dalam menyelesaikan masalah matematika materi pokok segiempat, lebih di dominasi pada letak kesalahan mentransformasi dan proses pekerjaan dengan persentase lebih besar perempuan daripada laki-laki Peserta didik di VII SMPN 3 Jati Agung Lampung Selatan dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan tahapan Newman lebih sering melewati tahapan mentransformasi soal. Hal ini disebabkan karena mereka masih kebingungan dengan merubah soal ke dalam model matematika dan kurangnya pemahaman pada soal. Kata Kunci : Analysis Newman, Kesalahan Matematika, Gender

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Jan 2022 03:59
Last Modified: 21 Jan 2022 03:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17282

Actions (login required)

View Item View Item