PELAKSANAAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK UNTUK MENGURANGI PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK PADA PESERTA DIDIK DI SMP WIYATAMA BANDAR LAMPUNG

RESI, JESILA (2022) PELAKSANAAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK UNTUK MENGURANGI PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK PADA PESERTA DIDIK DI SMP WIYATAMA BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI_RESI JESILA_1611080431.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Perilaku prokrastinasi akademik adalah bentuk tindakan negatif dengan menunda suatu tugas atau pekerjaan sampai batas akhir pengumpulan tugas tersebut. Perilaku prokrastinasi akademik pada peserta didik yang terjadi di SMP Wiyatama Bandar Lampung tergolong kasus yang sering terjadi dan perlu penanganan khusus,karena apabila hal ini dibiarkan terus menerus akan mempengaruhi nilai akademik pada peserta didik. Bentuk prokrastinasi akademik yang terjadi pada peserta didik diantaranya yaitu menunda waktu belajar, tidak mengerjakan PR dirumah hingga terlambat mengumpulkan tugas dari guru. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan layanan konseling kelompok untuk mengurangi perilaku prokrastinasi akademik pada peserta didik. Dalam hal ini, layanan konseling yang diterapakan oleh guru Bimbingan dan Konseling untuk membantu peserta didik dalam mengurangi perilaku prokrastinasi akademik adalah layanan konseling kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi layanan konseling kelompok untuk mengurangi perilaku prokrastinasi akademik di SMP Wiyatama Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa pelaksanaan layanan konseling kelompok untuk mengurangi perilaku prokrastinasi akademik pada peserta didik di SMP Wiyatama Bandar Lampung telah dilaksanakan dengan baik dan terjadi pengurangan perilaku prokrastinasi akademik pada peserta didik setelah diberikan layanan konseling kelompok. Kata Kunci: Konseling Kelompok, Guru Bimbingan dan Konseling, Perilaku Prokrastinasi Akademik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Jan 2022 03:18
Last Modified: 21 Jan 2022 03:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17280

Actions (login required)

View Item View Item