ANALISIS PENGARUH SEKTOR PERTANIAN DAN WISATA ALAM TERHADAP PEMBANGUNAN WILAYAH MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Kelurahan Sumber Agung Kecamatan Kemiling Kota Bandar Lampung)

Rahayu, Teguh (2022) ANALISIS PENGARUH SEKTOR PERTANIAN DAN WISATA ALAM TERHADAP PEMBANGUNAN WILAYAH MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Kelurahan Sumber Agung Kecamatan Kemiling Kota Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI Rahayu .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pembagunan wilayah adalah pada hakekatnya merupakan pelaksanaan pembagunan nasional di suatu wilayah di dasarkan pada kemampuan fisik dan sosial region serta peraturan perundang´┐Żudangan yang berlaku. Kegiatan dalam pembagunan wilayah diharapkan dapat mencerminkan peningkatan pendapatan daerah dan tingkat kesejahteraan penduduknya. Pembangunan harus menempatkan aspek-aspek sosial dan lingkungan bukan saja sebagai kerangka dan wadah dasar tetapi juga memprioritaskan sebagai tujuan secara umum. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah sektor pertanian berpengaruh terhadap Pembangunan wilayah Kelurahan sumber agung?. Apakah sektor wisata alam berpengaruh terhadap Pembangunan wilayah Kelurahan sumber agung?. Bagaimana sektor pertanian dan wisata alam terhadap pembangunan wilayah Kelurahan sumber agung dalam perspektif ekonomi Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh sektor pertanian dan wisata alam terhadap Pembangunan wilayah Kelurahan sumber agung. Untuk mendeskripsikan bagaimana pandangan perspektif ekonomi Islam terhadap pembangunan wilayah Kelurahan sumber agung. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, menggunakan populasi sebanyak 1.771 dan sampel sebanyak 95 masyarakat Kelurahan Sumber Agung sebagai responden. Untuk proses analisis data menggunakan analisis regresi berganda, uji t, dan koefisien determinan (R2 ). Hasil penelitian diperoleh adanya pengaruh sektor pertanian (X1), terhadap pembangunan wilayah Kelurahan Sumber Agung. Adanya pengaruh wisata alam terhadap pembangunan wilayah Kelurahan Sumber Agung. Pandangan Perspektif Ekonomi Islam mengenai sektor pertanian dan wisata alam terhadap pembangunan wilayah Kelurahan Sumber Agung sesuai dengan perspektif islam karena didasarkan pada keadilan dan pembangunan untuk maslahahan seluruh masyarakat Kelurahan Sumber Agung. Kata kunci: Pembangunan Wilayah, Sektor Pertanian dan Wisata Alam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Jan 2022 02:13
Last Modified: 21 Jan 2022 02:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17272

Actions (login required)

View Item View Item