TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK PENENTUAN BAGI HASIL DALAM PENANGKAPAN IKAN (Studi di Kampung Karang Jaya Kelurahan Karang Maritim Kecamatan Panjang Bandar Lampung)

Tifanny, Rizky Hidayah (2022) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK PENENTUAN BAGI HASIL DALAM PENANGKAPAN IKAN (Studi di Kampung Karang Jaya Kelurahan Karang Maritim Kecamatan Panjang Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Potensi perikanan tangkap jaring di Kampung Karang Jaya memberikan peluang adanya produksi perikanan yang berdampak pada tingkat pendapatan masyarakat nelayan. Di Kampung Karang Jaya orang yang mempunyai keahlian dalam menangkap ikan tetapi tidak mempunyai kapal dan jaring untuk berlayar, maka mereka akan melakukan kerja sama kepada orang yang memiliki kapal dan jaring tersebut dengan cara bekerjasama menggunakan sistem bagi hasil. Dalam praktiknya di Kampung Karang Jaya juragan kapal menyediakan kapal, jaring, dan juga modal akan diserahkan kepada nelayan yang akan membawa perahunya dengan melakukan perjanjian lisan dan tidak ada menggunakan perjanjian tertulis yang mengikat. Dalam praktik bagi hasilnya pembagian antara juragan kapal dan nelayan dibagi oleh dua pihak yang pertama bagi hasil antara juragan dan kapten kapal, lalu pihak kedua antara kapten kapal dan anak buah kapal. Dalam hal ini juragan menawarkan kerjasama dengan kapten kapal untuk menangkap ikan, dan akan membagi hasil tetapi tidak disebutkan berapa persen bagi hasil yang akan didapatkan. Dan juga hal ini dapat merugikan salah satu pihak yaitu anak buah kapal yang mana bagian yang didapatkan lebih kecil dari juragan dan kapten, dilihat dari resiko kerja yang dilakukan sangat tidak sesuai. Rumusan dalam penelitian ini yaitu bagaimana praktik penentuan bagi hasil dalam penangkapan ikan di Kampung Karang Jaya Kecamatan Panjang Bandar Lampung dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap praktik penentuan bagi hasil dalam penangkapan ikan di Kampung Karang Jaya Kecamatan Panjang Bandar Lampung. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui praktik penentuan bagi hasil dalam penangkapan ikan di Kampung Karang Jaya Kecamatan Panjang Bandar Lampung dan untuk mengetahui tinjauan hukum Islam terhadap praktik penentuan bagi hasil dalam penangkapan ikan di Kampung Karang Jaya Kecamatan Panjang Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan merupakan jenis penelitian lapangan (field research), yang bersifatdeskriptif analisis yang mana datanya akan diperoleh dari penelitian lapangan tersebut. Adapun sumber data yang digunakan iii adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan datanya melalui dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam analisis data menggunakan metode kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini praktik penentuan bagi hasil dalam penangkapan ikan di Kampung Karang Jaya Kecamatan Panjang Bandar Lampung adalah pembagian hasilnya menerapkan bagi hasil sama rata dalam presentase 50% : 50% antara kedua belah pihak yang berserikat, dan dalam tinjauan hukum Islam praktik bagi hasil (mudharabah) di Kampung Karang Jaya Kecamatan Panjang Bandar Lampung hukumnya sah dan dibolehkan karena telah memenuhi syarat berdasarkan teori mudharabah dalam fiqih muamalah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Jan 2022 07:49
Last Modified: 20 Jan 2022 07:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17269

Actions (login required)

View Item View Item