ANALISIS PENGARUH POLA REKRUTMEN, SELEKSI, PENEMPATAN DAN GAJI KARYAWAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI BANK SYARIAH DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Pada Bank BRI Syariah Kantor Cabang Bandar Lampung)

AHMAD, RIDDUWAN (2022) ANALISIS PENGARUH POLA REKRUTMEN, SELEKSI, PENEMPATAN DAN GAJI KARYAWAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI BANK SYARIAH DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Pada Bank BRI Syariah Kantor Cabang Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Ahmad Ridduwan Skripsi ACC Cetak.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan perusahaan dalam memenuhi akan kebutuhan nasabah yang beragam mengharuskan perusahaan untuk mempunyai karyawan yang berprestasi tinggi yang memahami sistem dan operasional syariah seutuhnya. minimnya kualitas jumlah sumber daya manusia merupakan satu hal yang saat ini menjadi perhatian pelaku bisnis perbankan syariah. Adanya kesenjangan antara keharusan yang ideal dengan realitas yang terjadi haruslah segera diatasi. Akan tetapi realitas yang ada, pada umumnya karyawan yang berada pada bank syariah tidak seutuhnya memahami pemahaman yang baik tentang sistem dan operasional bank syariah karena kebanyakan dari mereka tidak memiliki latar belakang wawasan keilmuan ekonomi dan perbankan syariah yang akan berdampak pada kinerja karyawan dalam melaksanakan tugas pekerjaannya. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana proses pola rekrutmen, seleksi, penempatan dan gaji karyawan pada bank BRI Syariah KC Bandar Lampung, dan adakah pengaruh pola rekrutmen, seleksi, penempatan dan gaji karyawan terhadap kinerja karyawan pada bank BRI Syariah KC Bandar Lampung, serta bagaimana pola rekrutmen, seleksi, penempatan, gaji karyawan dan kinerja karyawan pada bank BRI Syariah KC Bandar Lampung dalam perspektif ekonomi Islam. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menjabarkan dan membuktikan pengaruh pola rekrutmen, seleksi, penempatan dan gaji karyawan terhadap kinerja karyawan pada bank BRI Syariah KC Bandar Lampung dalam perspektif ekonomi Islam. Metode penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah data reductiaon (reduksi data), data display (penyajian data) dan verification (kesimpulan). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh proses pola rekrutmen, seleksi, penempatan, gaji karyawan dan kinerja karyawan pada bank BRI Syariah KC Bandar Lampung sudah memenuhi kriteria ekonomi islam yang terdapat dalam al-Quran dan al-Hadits. Bank BRI Syariah KC Bandar Lampung dalam merekrut tenaga kerja mengacu pada strategi dasar sistem dan metode perekrutan menggunakan dua metode yaitu tertutup dan terbuka dan dua sumber yaitu internal dan eksternal. Dalam hal seleksi pihak bank BRI Syariah melakukan tes tambahan yaitu tes seputar pengetahuan keagamaan. Pihak bank BRI Syariah dalam hal menempatkan karyawan berdasarkan kemampuan dan pendidikan. Sedangkan dalam hal pemberian gaji pihak bank BRI Syariah menggunakan sistem payroll yaitu suatu produk yang dikeluarkan oleh pihak bank untuk proses pemberian gaji karyawan. Kata kunci: Rekrutmen, Seleksi, Penempatan, Gaji Karyawan, Kinerja Karyawan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Jan 2022 06:56
Last Modified: 20 Jan 2022 06:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17256

Actions (login required)

View Item View Item