IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 WONOSOBO KABUPATEN TANGGAMUS

Rosmaida, Eny (2017) IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 WONOSOBO KABUPATEN TANGGAMUS. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Full_ENY.pdf]
Preview
PDF
Download (65MB) | Preview

Abstract

Penelitian Skripsi ini dilakukan di SMP Negeri 1 Wonosobo kabupaten Tanggamus dengan masalah tentang implementasi manajemen pembelajaran PAI, yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi dan penilaian hasil belajar. Rumusan masalah penelitian ini adalah: bagaimana implementasi manajemen pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Wonosobo? Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui implementasi manajemen pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Wonosobo. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Adapun metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Sedangkan analsis daa menggunakan teknik analisa deskriptif kualitatif, yaitu mendiskripsikan dan menginterpretasikan data-data yang telah didapat sehingga mengambarkan realitas yang sebenarnya sesuai dengan fenomena yang ada. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi manajemen pembelajaran pendidikan agama Islam merupakan aplikasi dari aspek manajemen yang terdiri dari perencanaan pembelajaran yang telah dibuat oleh guru PAI sebelumnya. Pertama, dari segi proses perencanaan sudah cukup baik. Dari aspek pelaksanaannya sudah berjalan sesuai harapan kepala sekolah dan guru PAI. Evaluasi dilakukan secara berkala setiap bulan untuk menilai proses perencaan dan pelaksanaan yang telah dilakukan. Kedua, implementasi manajemen pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Wonosobo dilakukan dengan menempuh metode dan strategi beragam seperti metode ceramah, metode diskusi, padahal dalam silabus dan RPP disebutkan bahwa penggunaan metode pembelajaran PAI terdiri dari metode ceramah, tanya jawab, diskusi, pemberian tugas, inquiry, demonstrasi, eksperimen. Ini berdampak pada daya ingat siswa mengenai implementasi pembelajaran PAI sangat lemah dan menimbulkan kebosanan dalam menerima materi pembelajaran di kelas. Kata

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 27 Oct 2017 08:05
Last Modified: 27 Oct 2017 08:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1725

Actions (login required)

View Item View Item