TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK UPAH PEMOTONGAN TUNAS KELAPA SAWIT (Studi di PTPN 7 Unit Rejo Sari Natar Lampung Selatan)

BAGUS, EKA SAPUTRA (2022) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK UPAH PEMOTONGAN TUNAS KELAPA SAWIT (Studi di PTPN 7 Unit Rejo Sari Natar Lampung Selatan). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI BAGUS EKA SAPUTRA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK PTPN 7 Unit Rejo Sari Natar adalah salah satu BUMN sektor perkebunan yang mengelola komoditi karet, kelapa sawit, teh dan tebu yang diproses dengan teknologi modern dan didukung oleh manajemen terintegrasi serta sumber daya manusia yang profesional di Indonesia. PTPN 7 Unit Rejo Sari Natar Lampung Selatan mengelola komoditi sawit yang dalam operasionalnya menerapkan praktik upah untuk membersihkan tunas kelapa sawit terhadap karyawannya. Perjanjian akad upah yang dilakukan oleh PTPN 7 dan karyawannya adalah dibayar seminggu sekali dengan ketentuan upah memetik tunas setiap pohon sebesar Rp. 1.300-1.400,-. Namun dalam pelaksanaan praktik upah pemotongan tunas kelapa sawit terjadi ketidakmerataan dalam hal memetik tunas kelapa sawit, di mana dalam 1 pohon ada yang tunasnya yang dibersihkan cuma ada 1, terus di pohon berikutnya tunasnya ada 2, 3, 5 dan sebagainya, sehingga terdapat porsi beban kerja yang tidak merata yang dilakukan oleh karyawan PTPN 7, namun diberi upah dengan ketentuan yang sama yakni Rp. 1.300-1.400,-. Rumusan Masalah dalam penelitian ini yaitu, bagaimana praktik upah pemotongan tunas kelapa sawit di PTPN 7 unit Rejo Sari Natar Lampung Selatan? dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap praktik upah pemotongan tunas kelapa sawit di PTPN 7 unit Rejo Sari Natar Lampung Selatan? Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui praktik upah pemotongan tunas kelapa sawit di PTPN 7 unit Rejo Sari Natar Lampung Selatan dan untuk mengetahui tinjauan hukum Islam terhadap praktik upah pemotongan tunas kelapa sawit di PTPN 7 unit Rejo Sari Natar Lampung Selatan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field Research), dan sifat penelitian ini yaitu deskriptif analitis. Sumber data yang digunakan adalah jenis data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data meliputi, observasi interview, dan dokumentasi. Teknik pengelolaan data yaitu, editing, coding, dan sistematisasi data, kemudian data dianalisis dengan metode kualitatif dengan pendekatan berfikir secara induktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik sebuah kesimpulan, pertama, praktik upah pemotongan tunas kelapa sawit di PTPN 7 Unit Rejo Sari Natar ditetapkan berdasarkan per batang pohon kelapa sawit bukan berdasarkan jumlah tunas yang dipotong, sehingga terdapat porsi beban kerja yang tidak merata yang dilakukan oleh karyawan PTPN 7, namun diberi upah dengan ketentuan yang sama yakni Rp. 1.300, sehingga upah yang diberikan dirasa kurang adil. Kedua, praktik upah pemotongan tunas kelapa sawit di PTPN 7 Unit Rejo Sari Natar bertentangan dengan syari'at Islam dan dalam prakteknya akad tersebut menjadi fasid (rusak) karena tidak terpenuhi rukun dan syaratnya yakni ketidakjelasan jumlah tunas di setiap batang pohon sawit sehingga terdapat porsi beban kerja yang tidak merata yang dilakukan oleh karyawan PTPN 7.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Jan 2022 04:18
Last Modified: 20 Jan 2022 04:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17249

Actions (login required)

View Item View Item