PENGARUH PEMBERIAN DISKON MELALUI MEMBER CARD TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Pada Pelanggan yang Memiliki Kartu VIP Chandra Super Store Tanjung Karang Bandar Lampung)

RIKY, ALFREDO (2022) PENGARUH PEMBERIAN DISKON MELALUI MEMBER CARD TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Pada Pelanggan yang Memiliki Kartu VIP Chandra Super Store Tanjung Karang Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of skripsi Riky Alfredo.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Menghadapi persaingan yang ketat dimana saat ini dikenal dengan revolusi industri bisnis ritel.Di Indonesia memberikan banyak alternatif bagi pelanggan ketika memilih tempat berbelanja yang sesuai dengan selera dan kebutuhan pelanggan, sehingga para pembisnis ritel harus bersaing satu satu dengan yang lainnya untuk menarik pelanggan sebanyak – banyaknya.Tingkat persaingan bisnis yang semakin ketat membuat banyak para ritel tidak lagi mengfokuskan aktifitas pemasarannya hanya pada pencarian pelanggan baru, namun juga berusaha untuk mempertahankan dan meningkatkan loyalitas pelanggan atau kesetiaan pelanggan. Banyak cara yang dapat dilakukan perusahaan untuk mempertahankan pelanggan dan membangun loyalitas pelanggan. Salah satu cara yang dapat dilakukan perusahaan dengan memberikan diskon kepada pelanggan setia nya yang memiliki kartu member card dari persuhaan tersebut. Seperti yang diterapkan pada supermarket Chandra Super Store, menerapkan program member card dalam meningkatkan loyalitas pelanggan, kartu VIP Chandra Super Store memiliki banyak keuntungan salah satunya adalah mendapatkan diskon melalui member card tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif.Penelitian ini termasuk dalam penelitian field research atau penelitian lapangan.Sumber data berupa data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dengan menggunakan kuesioner kepada pelanggan pemilik member card aktif Chandra Super Store Tanjung Karang.Sampel penelitian ini berumlah 100 responden dengan menggunakan teknik non probability. Untuk proses analisis menggunakan analisi regresi sederhana dengan variabel independen diskon melalui membercard (X) dan variabel dependen loyalitas pelanggan (Y). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa : Pertama, menunjukkan bahwa pemberian diskon melalui member card mempunyai pengaruh dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan dan Kedua, Pemberian diskon melalui member card Chandra Super Store semuanya sesuai dengan prinsip-prinsip etika bisnis Islam seperti adanya unsur transparansi harga dan juga kestaraan harga dengan competitor tanpa menaikan harga sebelum didiskon sehingga sesuai dengan prinsip kejujuran, prinsip keadilan dan prinsip tanggung jawab dalam etika bisnis Islam. Kata Kunci : Diskon, Membercard, Loyalitas Pelanggan, Etika Bisnis Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Jan 2022 03:29
Last Modified: 20 Jan 2022 03:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17244

Actions (login required)

View Item View Item