TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENGELOLAAN CAFE G’UMMATI YANG BERBASIS SYARIAH (Studi Pada Cafe G’ummati Kedaton Bandar Lampung)

ALIATUL, FIKRIA (2022) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENGELOLAAN CAFE G’UMMATI YANG BERBASIS SYARIAH (Studi Pada Cafe G’ummati Kedaton Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Setiap perusahaan menginginkan keuntungan bagi aktivitas bisnisnya. Berbagai strategi dan inovasi diterapkan sebagai langkah untuk mencapai tujuan tersebut. Perusahaan perlu juga menjaga kelangsungan bisnisnya hingga waktu yang lama serta melakukan ekspansi bisnis agar roda perusahaan tetap berjalan. Perusahaan perlu menjalankan fungsi pokoknya yaitu manajemen pengelolaan sebagai upaya menarik konsumen yang selanjutnya menjadi profit bagi perusahaan. Perintah untuk bermuamalah dalam hal bisnis/dagang adalah upaya untuk bertahan hidup. Bisnis berbasis syari’ah merupakan kegiatan bisnis yang dilakukan oleh seseorang dengan berlandaskan syariat agama Islam, Urgensi bisnis Islam (syari’ah) beberapa tahun belakang ini sedang menjadi trend di masyarakat, salah satunya peluang bisnis Cafe yang berkonsep syari’ah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana praktek pengelolaan Cafe yang berbasis syari’ah pada Cafe G’ummati serta bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap pengelolaan Cafe G’ummati Bandar Lampung. Sedangkan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana praktek pengelolaan Cafe yang berbasis syari’ah pada Cafe G’ummati, serta bertujuan untuk mengetahui tinjauan hukum Islam terhadap pengelolaan pada Cafe G’ummati Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Sampel dalam penelitian ini adalah Pemilik Cafe, dan 10 orang pengunjung. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode Accidental Sampling, yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan. Metode pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dokumentasi. Analisis datanya menggunakan deskriptif analisis yaitu menggambarkan secara jelas mengenai data yang terkait dengan pembahasan dalam penelitian. Dari hasil penelitian ini Cafe G’ummati dalam praktik pengelolaannya dapat dilihat dari berbagai segi yaitu Fasilitas dan Operasional, serta dari segi SDM dan Organisasi. Fasilitas dan Operasional yang disediakan oleh Cafe G’ummati hampir sama dengan Cafe pada umumnya namun pengelolaannya lebih menghindarkan kepada hal-hal iii yang dilarang syara. Sedangkan Praktik Pengelolaan Cafe G’ummati adalah diperbolehkan (mubah), karena sudah sesuai dengan konsep bisnis syari’ah yaitu tidak adanya unsur memproduksi barang-barang yang dilarang syari’ah, adanya transaksi yang rill, tidak ada kezaliman, kemudharatan, kemungkaran. Serta dalam bisnis yang dijalankan sudah sesuai dengan bisnis syari’ah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Jan 2022 07:25
Last Modified: 19 Jan 2022 07:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17235

Actions (login required)

View Item View Item