PENGARUH PENGEMBANGAN PARIWISATA PUNCAK MAS TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI MASYARAKAT KELURAHAN SUKADANAHAM KECAMATAN TANJUNG KARANG BARAT KOTA BANDAR LAMPUNG)

RAFA, AINA CEICILIA (2022) PENGARUH PENGEMBANGAN PARIWISATA PUNCAK MAS TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI MASYARAKAT KELURAHAN SUKADANAHAM KECAMATAN TANJUNG KARANG BARAT KOTA BANDAR LAMPUNG). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Puncak Mas adalah salah satu obyek wisata yang berada di tengah-tengah Kota Bandar Lampung tepatnya di Kelurahan Sukadanaham Kecamatan Tanjung Karang Barat, memiliki pemandangan yang indah memperlihatkan keindahan Kota Bandar Lampung dari ketinggian membuat Puncak Mas menjadi salah satu objek wisata yang sangat diminati oleh wisatawan. Untuk meningkatkan jumlah wisatawan pihak pengelola selalu melakukan pengembangan dengan terus berinovasi memunculkan wahana baru, memberikan pelayanan yang baik serta membuat spot foto unik. Pengembangan ini dilakukan bertujuan untuk menjadikan pariwisata berkembang kearah yang lebih baik dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Adanya pengembangan pariwisata ini memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat seperti peningkatan pendapatan, peningkatan kesempatan kerja dan terbukanya peluang usaha. Permasalahan pada penelitian ini adalah apakah pengembangan pariwisata Puncak Mas berpengaruh terhadap peningkatan pendapatan masyarakat sekitar dan bagaimana pandangan ekonomi islam mengenai peranan obyek wisata Puncak Mas terhadap pendapatan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pengembangan pariwisata puncak mas terhadap peningkatan pendapatan masyarakat sekitar dan untuk mengetahui pandangan ekonomi islam mengenai peranan obyek wisata puncak mas terhadap pendapatan masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, sumber data berupa data primer dan data sekunder sampel penelitian berjumlah 91 responden yaitu masyarakat Kelurahan Sukadanaham Lingkungan 1 RT1 dan RT2 dengan menggunakan teknik random sampling. Proses analisis data meggunakan analisis regresi linear sederhana dengan alat pengelolaan data SPSS 20. Berdasarkan hasil penelitian pada taraf signifikan 5% atau 0,05 menunjukkan bahwa variabel pengembangan pariwisata puncak mas memiliki nilai signifikan sebesar 0,175 > 0,05, pengujian ini menunjukkan bahwa H0 diterima, dan dapat disimpulkan bahwa variabel pengembangan pariwisata tidak ada pengaruh signifikan terhadap variabel peningkatan pendapatan masyarakat. Bahkan iii peningkatan pendapatan pada masyarakat kurang dipengaruhi oleh adanya pengembangan pariwisata puncak mas, hal ini dapat dibuktikan oleh nilai R2 yang hanya berjumlah 2,1% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian. Sedangkan dalam perspektif ekonomi islam pengembangan pariwisata puncak mas belum sesuai dengan prinsip-prinsip ekonomi islam yaitu kerja, pemerataan kesempatan, solidaritas dan persaingan, pariwisata yang berkembang saat ini pun kurang menerapkan hal-hal yang memberikan dampak positif bagi masyarakat disekitar wisata. Maka dari itu islam memerintahkan untuk saling memberikan kebermanfaatan antara sesama dalam hal menciptakan kemaslahatan bagi banyak orang, harapannya adanya pariwisata bisa memberikan impect positif bagi pendapatan masyarakat sehingga masyarakat bisa merasakan manfaat adanya pariwisata tersebut. Kata Kunci : Pengembangan Pariwisata , Pendapatan Masyarakat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Jan 2022 07:06
Last Modified: 19 Jan 2022 07:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17233

Actions (login required)

View Item View Item