TITIANA, NURJANI NASUTION (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRC DENGAN STRATEGI MURDER TERHADAP KONEKSI MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
PDF
Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
PDF
Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Terdapat berbagai masalah dalam proses pembelajaran matematika yang terjadi disetiap jenjang pendidikan, khususnya jenjang pendidikan sekolah menengah atas. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh model pembelajaran yang digunakan pendidik selama proses pembelajaran bersifat monoton dan membosankan. Hal tersebut menyebabkan koneksi matematis peserta didik belum berkembang maksimal dan memiliki dampak terhadap self confidence peserta didik yang masih rendah. Model pembelajaran CIRC dengan strategi MURDER yang diduga mampu membuat koneksi matematis dan self confidence peserta didik menjadi lebih baik. Penelitian ini menggunakan metodeQuasy Experimental Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Sungkai Utara. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik acak kelas yaitu sebanyak 2 kelas, kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen dengan penerapan model pembelajaran CIRC dengan strategi MURDER dan kelas X MIA 3 sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran langsung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes berbentuk uraian untuk mengukur koneksi matematis dan untuk mengukur self confidence menggunakan lembar angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji MANOVA. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran CIRC dengan strategi MURDER dan model pembelajaran langsung terhadap koneksi matematis dan self confidence peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Sungkai Utara. Hal ini dapat dilihat dari perhitungan menggunakan uji MANOVA diperoleh tingkat signifikan 0,000 < α = 0,05. Sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Kata Kunci: CIRC, MURDER, Koneksi Matematis, Self Confidence
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 19 Jan 2022 07:03 |
Last Modified: | 19 Jan 2022 07:03 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17231 |
Actions (login required)
View Item |