Hamid, Hamid (2017) PERANAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBINA AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS VI MIN 9 BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.
![]() Preview |
PDF
Download (183kB) | Preview |
![]() Preview |
PDF
Download (63kB) | Preview |
![]() Preview |
PDF
Download (694kB) | Preview |
![]() Preview |
PDF
Download (674kB) | Preview |
![]() Preview |
PDF
Download (124kB) | Preview |
![]() Preview |
PDF
Download (290kB) | Preview |
![]() Preview |
PDF
Download (244kB) | Preview |
Abstract
Pembinaan terhadap akhlaq yang mulia kepada peserta didik harus dilakukan secara bersama-sama baik orang tua, lembaga pendidikan khususnya para guru dan elemen lainnya. Oleh karena itulah diperlukan adanya kerjasama yang harmonis khususnya antara pihak sekolah (guru) dengan orang tua agar tujuan pendidikan dapat berhasil. Berdasarkan observasi pada penelitian yang penulis lakukan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 9 Bandar Lampung, Guru pendidikan agama Islam telah melakukan pembinaan dan menciptakan peserta didik yang memiliki akhlaq yang baik, namun upaya tersebut belum sepenuhnya berpengaruh akhlaqul karimah, hal ini dapat diindikasikan masih adanya beberapa peserta didik yang melakukan perbuatan-perbuatan yang mencerminkan akhlaq yang kurang baik. Hal tersebut kemungkinan dapat terjadi karena disebabkan beberapa faktor-faktor yang mempengaruhi sehingga rumusan masalah yang dirumuskan adalah "Bagaimana peranan guru Akidah akhlak dalam membina akhlak peserta didik MIN 9 Bandar Lampung ?”. Dalam memasuki era globalisasi, Indonesia mendapat tantangan yang sangat besar, karena dampak yang paling banyak terkena adalah para peserta didik, sebab para peserta didik merupakan bagian dari generasi muda yang sangat peka terhadap globalisasi. Dalam era globalisasi kemajuan tekhnologi sangat cepat, baik media cetak maupun elektronik yang kesemuanya di samping mempunyai pengaruh positif juga mempunyai pengaruh negatif terhadap kepribadian, tingkah laku maupun akhlak generasi muda khususnya para peserta didik. Misalnya minum-minuman keras, narkoba, berkelahi, melawan guru, mengganggu teman, penodongan dan perbuatan asusila serta yang lain-lainnya Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 9 Bandar Lampung adalah Madrasah setingkat Sekolah Dasar yang memadukan materi-materi pelajaran umum dan materi pelajaran agama yang merupakan ciri khas Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 9 Bandar Lampung. Adapun visi Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 9 Bandar Lampung adalah Beriman, Bertaqwa, Berprestasi, Terampil, serta dapat bersaing dengan lembaga pendidikan. Mata pelajaran yang harus dikuasai peserta didik di Madrasah baik dari tingkat Ibtidaiyah, Tsanawiyah sampai Aliyah adalah Qur’an Hadist, bahasa Arab, Fiqh,aqidah akhlak dan juga SKI. Disamping dapat menguasai pelajaran-pelajaran tersebut peserta didik juga di harapkan memiliki akhlak yang baik. Agar guru dapat mengoptimalkan perannya sebagai fasilitator, maka guru perlu memahami hal-hal yang berhubungan dengan pemanfaatan berbagai media dan sumber belajar. Dari ungkapan ini, jelas bahwa untuk mewujudkan dirinya sebagai fasilitator, guru mutlak perlu menyediakan sumber dan media belajar yang cocok dan beragam dalam setiap kegiatan pembelajaran ,dan tidak menjadikan dirinya sebagai satu-satunya sumber belajar bagi para peserta didiknya. Peran Guru dalam membina Akhlak peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 9 Bandar Lampung, indikator variabel peran guru telah dilaksanakan dengan baik, diantaranya : peran guru sebagai fasilitator, peran guru pembimbing, peran guru motivator, peran guru organisator, peran guru sebagai manusia sumber, hal ini tentu saja membuahkan hasil yang positif yaitu adanya peningkatan dalam penanam akhlakul karimah peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 9 Bandar Lampung.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama islam |
Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Rohai Inah Indrakasih |
Date Deposited: | 27 Oct 2017 07:15 |
Last Modified: | 27 Oct 2017 07:15 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1723 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |