TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP PERAN PEMERINTAH DAERAH DALAM PENYELENGARAAN KESEJAHTERAAN SOSIAL BAGI PENYANDANG DISABILITAS (Studi Dinas Sosial di Kota Bandar Lampung)

DICKY, NUARI (2022) TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP PERAN PEMERINTAH DAERAH DALAM PENYELENGARAAN KESEJAHTERAAN SOSIAL BAGI PENYANDANG DISABILITAS (Studi Dinas Sosial di Kota Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Awal - BAB II dan Daftar Pustaka.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan data Badan Pusat Statistik Kota Bandar Lampung, jumlah penyandang disabilitas di Kota Bandar Lampung sebanyak 417 orang dan terus bertambah sampai tahun 2019. Perlindungan terhadap penyandang disabilitas perlu menjadi perhatian pemerintah Kota Bandar Lampung dikarnakan perlakuan diskriminatif dan kekerasan juga beresiko diterima oleh penyandang disabilitas. Pelaksanaan Peraturan Daerah Kota Bandar Lampung No. 10 Tahun 2013 merupakan bagian dari masyarakat yang mempunyai kedudukan, hak, kewajiban dan peran yang sama dengan warga masyarakat lainnya sehingga pelayanan dan pemenuhan hak penyandang disabilitas perlu dijamin. Rumusan Masalah dari penelitian ini yakni bagaimana peran Dinas Sosial Kota Bandar Lampung dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial bagi penyandang disabilitas?. Serta bagaimanakah pandangan fiqh siyasah terhadap peran Dinas Sosial Kota Bandar Lampung dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial bagi penyandang disabilitas?. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peran Dinas Sosial Kota Bandar Lampung dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial bagi penyandang disabilitas dan untuk mengetahui pandangan fiqh siyasah terhadap peran Dinas Sosial Kota Bandar Lampung dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial bagi penyandang disabilitas. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitaian lapangan (field reaserch). Sifat penelitian ini termasuk penelitian bersifat deskriptif analisis yakni mengambarkan atau menjelaskan secara tepat mengenai pandangan fiqh siyasah terhadap peran Dinas Sosial Kota Bandar Lampung dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial bagi penyandang disabilitas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: Pertama, peran Dinas Sosial Kota Bandar Lampung dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial bagi penyandang disabilitas telah dilaksanakan dengan baik yakni melalui program-program terencana dari Dinas Sosial. Program-program yang dilakukan oleh Dinas Sosial yaitu kegiatan pelatihan keterampilan, gebyar kreatifitas, dan kegiatan sosial berupa bantuan sembako. Kegiatan dari Dinas Sosial tersebut memberikan pengalaman dan keterampilan baru bagi penyandang disabilitas, akan tetapi dalam pelaksanaannya di lapangan terdapat beberapa hambatan yang dihadapi, meliputi kurangnya SDM dan terbatasnya anggaran. Kedua, tinjauan fiqh siyasah terhadap peran Dinas Sosial Kota Bandar Lampung dalam penyelenggaraan iii kesejahteraan sosial bagi penyandang disabilitas telah sesuai dengan nilai-nilai syari‟at Islam dan termasuk dalam lingkup siyasah dusturiyah. Karena upaya dari Dinas Sosial berupa program-program dan kegiatan-kegiatan yaitu pelatihan keterampilan, gebyar kreatif, dan bantuan sembako merupakan upaya dari pemerintah sebagai pemimpin demi kemaslahatan masyarakatnya. Sehingga melalui perannya, Dinas Sosial melaksanakan program dan upaya yang memberikan kepercayaan diri, pengalaman dan pengetahuan baru, serta rasa kepedulian bagi penyandang disabilitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Jan 2022 06:53
Last Modified: 19 Jan 2022 06:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17227

Actions (login required)

View Item View Item