PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELLING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IX MTs NURUL IMAN SEKINCAU LAMPUNG BARAT

SITI, KHODIJAH (2022) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELLING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IX MTs NURUL IMAN SEKINCAU LAMPUNG BARAT. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I-V.pdf] PDF
Download (852kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta yang memiliki motivasi belajar rendah. Pada dasarnya peserta didik memiliki proses pengembangan diri yang harus terus berkembang dengan baik, maka dari itu peserta didik harus memiliki motivasi belajar. Sehingga perlu dilakukan penelitian dengan judul pengaruh pengaruh konseling kelompok dengan teknik modelling untuk meningkatkan motivasi belajar pada peserta didik kelas IX MTs Nurul Iman Sekincau Lampung Barat Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan motivai belajar peserta didik.Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dalam bentuk pre-eksperimen design dengan desain yang digunakan dalam bentuk One-Group Pretest-Posttest Design. Dalam penelitian ini berfokus pada pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik modelling untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket. Hasil yang diperoleh menunjukan kenaikan setelah pemberian layanan konseling kelompok dengan teknik modelling. Hal ini terbukti dari diketahui bahwa z adalah -2,670. Dengan nilai mean pada prettest 55,3333 nilai minimum sebesar 52 dan nilai maksimum 59. Setelah melaksanakan posttest hasilnya mengalami peningkatan yaitu dengan mean sebesar 84,3333 nilai minimum 74 dan nilai maksimum 99. Dengan demikian motivasi belajar peserta didik kelas IX MTs Nurul Iman Sekincau Lampung Barat Mengalami Peningkatan setelah diberikan layanan konseling kelompok dengan teknik modelling. Kata Kunci: konseling kelompok, teknik modelling, motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Jan 2022 06:48
Last Modified: 19 Jan 2022 06:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17224

Actions (login required)

View Item View Item