EFEKTIVITAS FINANCIAL TECHNOLOGY (FINTECH) PERBANKAN SYARIAH TERHADAP PERKEMBANGAN INKLUSI KEUANGAN (Studi Pada PT. Bank Syariah Mandiri KCP Kedaton Bandar Lampung)

Nabila, Anugrah Dea (2022) EFEKTIVITAS FINANCIAL TECHNOLOGY (FINTECH) PERBANKAN SYARIAH TERHADAP PERKEMBANGAN INKLUSI KEUANGAN (Studi Pada PT. Bank Syariah Mandiri KCP Kedaton Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP NABILA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pada dewasa ini perkembangan teknologi terjadi begitu pesat. Perkembangan teknologi ini juga merambah pada bidang keuangan dengan munculnya era baru yang disebut dengan Financial Technology (Fintech). Fintech merupakan istilah dari inovasi pada jasa keuangan. Rancangan penerapan Fintech menyesuaikan pada pertumbuhan teknologi yang dikombinasikan pada bidang finansial di lembaga perbankan dan diharapkan dapat mengakomodasi berbagai transaksi keuangan. Dengan adanya Fintech, tentu dapat meningkatkan inklusi keuangan dalam suatu perusahaan atau bank tersebut. Layanan teknologi digital sangat mudah dan lebih praktis sehingga dapat digunakan semua masyarakat. Inklusi keuangan (financial inclusive) merujuk pada jumlah orang yang menjadi nasabah atau pengguna jasa keuangan di Indonesia. Pada inklusi keuangan perlu kita ketahui akan adanya 3 dimensi yang meliputi: akses (aksesibilitas), ketersediaan dan pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana implementasi financial technology (Fintech) pada PT. Bank Syariah Mandiri KCP Kedaton dan melihat efektivitas Fintech perbankan syariah terhadap perkembangan inklusi keuangan. Penelitian ini menggunakan pendekan deskriptif kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah nasabah PT. BSM Kedaton sejumlah 100 responden. Penulis mengambil data dari penyebaran kuesioner untuk mengukur efektivitas Fintech pada PT. BSM Kedaton terhadap perkembangan Inklusi Keuangan serta melakukan wawancara dengan customer service untuk melihat sejauh mana implementasi Fintech dan dengan Branch Manager untuk melihat sikap PT. BSM Kedaton terhadap Fintech. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik korelasi Product Moment dengan menggunakan program SPSS 17 For Windows. Hasil analisis menunjukkan bahwa Implementasi Fintech pada PT. Bank Syariah Mandiri KCP Kedaton masih terfokus pada pelayanan yang diberikan pada nasabah. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data menggunakan teknik korelasi product moment, menyatakan hasil bahwa Financial technology (Fintech) telah efektif diterapkan terhadap perkembangan inklusi keuangan. Hasil pengujian hipotesis pada penelitian ini adalah signifikan. Kata kunci: Efektivitas, Fintech, Inklusi Keuangan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Jan 2022 06:45
Last Modified: 19 Jan 2022 06:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17222

Actions (login required)

View Item View Item