TANTANGAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENGHADAPI GLOBALISASI MENURUT PANDANGAN ABUDDIN NATA

LAELA, NABILA (2022) TANTANGAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENGHADAPI GLOBALISASI MENURUT PANDANGAN ABUDDIN NATA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI LAELA NABILA_fixs.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK TANTANGAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENGHADAPI GLOBALISASI MENURUT PANDANGAN ABUDDIN NATA Oleh: Laela Nabila Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah mempengaruhi cara hidup manusia dalam bermasyarakat dan bersosialisasi dengan lingkungannya. Perkembangan teknologi informasi saat ini sudah berkembang dengan pesat tidak dapat dipungkiri mampu membawa dampak negatif yang tidak kalah banyak dengan manfaat yang didapatkannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Tantangan Pendidikan Islam dalam Menghadapi Globalisasi Menurut Pandangan Abuddin Nata. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah library research atau penelitian kepustakaan yang khusus mengkaji suatu masalah untuk memperoleh data dalam penelitian. Adapun sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer (pokok) dan data sekunder (penunjang atau pendukung data primer). Adapun metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknis analisis isi (content analisysis), melalui kajian pendekatan interpretif. Hasil penelitian ini yaitu dalam mengartikan pendidikan Islam yang berarti pendidikan Islam upaya membimbing, mangarahkan dan membina peserta didik yang dilakukan secara sadar dan terencana agar terbina suatu kepribadian yang utama sesuai dengan nilai-nilai ajaran Islam. dalam menghadapi tantangan globalisasi Abuddin Nata terdapat beberapa strategi dalam menghadapinya yaitu melakukan perubahan visi, misi dan tujuan, melakukan penyeimbangan kurikulum dan isi bahan ajar, antara ilmuilmu yang terkait dengan perkembangan fisik, pancaindra, dan akal dengan perkembangan hati nurani dan spiritual, memadukan model pendekatan dan metode pembelajaran yang memadukan anatar pendekatan behaviorisme dengan pendekatan kontruktivisme, menggunakan manajemen yang memadukan antara pendekatan sistem dan infrastruktur dengan pendekatan yang berbasis perilaku manusia, dan memperkenalkan kembali visi, misi dan tujuan pendidikan agama Islam secara komprehensif. hal ini penting dilakukan, karena selama ini masyarakat dunia belum mengenal pendidikan agama Islam secara utuh. Kata Kunci: Tantangan Pendidikan Islam, Globalisasi, Abuddin Nata

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Jan 2022 06:37
Last Modified: 19 Jan 2022 06:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17218

Actions (login required)

View Item View Item