TRADISI PENDISTRIBUSIAN ZAKAT KEPADA GURU NGAJI DAN KAUM DALAM PANDANGAN HUKUM ISLAM (Studi di Desa Pringkumpul Kelurahan Pringsewu Selatan Kabupaten Pringsewu)

AMELIA, FADIELA (2022) TRADISI PENDISTRIBUSIAN ZAKAT KEPADA GURU NGAJI DAN KAUM DALAM PANDANGAN HUKUM ISLAM (Studi di Desa Pringkumpul Kelurahan Pringsewu Selatan Kabupaten Pringsewu). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi Amelia.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Sejarah pendistribusian zakat pada zaman Rasullulah bahwasanya Allah SWT memerintahkan kewajiban zakat yang terdapat di dalam Al-Qur`an tepatnya pada tahun kedua Rasullulah berhijrah. Pada masa itu zakat hanya diberikan kepada delapan asnaf yang wajib di zakat tetapi di zaman yang semakin modern ini banyak terdapat selisih paham mengenai pendistribusian zakat diluar dari pada delapan asnaf yang wajib di zakati. Seperti tradisi yang ada di Kelurahan Pringsewu Selatan Kabupaten Pringsewu. Yang mana zakat juga diberikan kepada orang yang memiliki kemampuan mengaji (guru ngaji) dan orang yang ahli dalam pengurusan jenazah atau disebut kaum. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana tradisi pendistribusian zakat kepada guru ngaji dan kaum di desa Pringkumpul Kelurahan Pringsewu Selatan Kabupaten Pringsewu? 2) Bagaimana pandangan hukum Islam terhadap tradisi pendistribusian zakat kepada guru ngajidan kaum di desa Pringkumpul Kelurahan Pringsewu Selatan Kabupaten Pringsewu?. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk mengetahui tradisi pendistribusian zakat kepada guru ngaji dan kaumdi desa Pringkumpul Kelurahan Pringsewu Selatan Kabupaten Pringsewu. 2) Untuk mengetahui pandangan hukum Islam terhadap tradisi pendistribusian zakat kepada guru ngaji dan kaum di desa Pringkumpul Kelurahan Pringsewu Selatan Kabupaten Pringsewu. Jenis penelitian yang dipergunakan ialah penelitian lapangan (field research). Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data berasal dari data primer yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi sedangkan data sekunder berasal dari literatur yang terkait dengan penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah guru ngaji, kaum, dan orang yang mendistribusikan zakat (muzzaki) di desa Pringkumpul Prinsewu Selatan sebanyak 70 orang. Metode pengumpulan sampel menggunakan metode purposive sampling sesuai dengan kriteria�kriteria yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukan bahwa tradisi pendistribusian zakat kepada guru ngaji dan kaum telah dilakukan secara turun temurun di desa Pringkumpul Pringsewu Selatan. Masyarakat desa tersebut lebih mengutamakan guru ngaji dan kaum sebagai penerima zakat dari pada delapan asnaf lainnya. Tradisi pendistribusian zakat iii kepada guru ngaji dan kaum di desa pringkumpul tidak bertentangan dengan hukum islam dengan alasan 1) bertentangan dengan penjelasan surat at-Taubah ayat 60 yang menyatakan bahwa pendistribusian zakat harus merata dalam arti tidak menitik beratkan pada salah satu asnaf. 2) Guru ngaji dan kaum dianggap sebagai “fisabilillah”. Pengertian fisabilillah telah mengalami perluasan makna yang berarti jihad dalam semua kemaslahatan untuk umat muslim tidak hanya mengangkat senjata untuk berperang, seperti halnya para pengajar ilmu syari‟at untuk kemaslahatan umat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Jan 2022 06:33
Last Modified: 19 Jan 2022 06:33
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17217

Actions (login required)

View Item View Item