PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN INDIKATOR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS ENNIS PADA MATERI BIOLOGI

Anggraeni, Riri (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN INDIKATOR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS ENNIS PADA MATERI BIOLOGI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_FIX_RIRI.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Siswa merasa kesulitan untuk memahami materi biologi karena materi yang banyak dan keterbatasan media. Guru merasa kesulitan menyampaikan materi biologi karena banyaknya materi yang harus disampaikan terbatasi dengan alokasi waktu. Proses pembelajaran sangat tidak efektif, jumlah LCD yang tidak mencukupi sehingga media yang sudah dipersiapkan tidak dapat digunakan sebagaimana mestinya. Tersedia laboratorium komputer dengan keadaan yang baik, namun penggunaan laboratorium komputer terbatas pada pelajaran dasar komputer. Keterampilan berpikir kritis peserta didik belum dikembangkan. Salah satu alternatif media pembelajaran yang dapat digunakan adalah media pembelajaran interaktif berbasis model Problem Based Learning (PBL) menggunakan indikator kemampuan berpikir kritis Ennis pada materi Biologi. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Prosedur penelitian ini merupakan adaptasi model pengembangan yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Dari sepuluh tahapan peneliti menyederhanakan menjadi tujuh tahapan sebagai berikut : (1) studi pendahuluan.(2) perencanaan penelitian.(3) pengembangan produk.(4) validasi desain.(5) revisi validasi desain.(6) uji produk secara luas.(7) revisi uji produk secara luas. Alat pengumpulan data yang digunakan berupa : (1) angket ahli materi.(2) angket ahli media.(3) angket ahli bahasa.(4) angket tanggapan Guru Biologi.(5) angket respon peserta didik.(6) wawancara.(7) dokumentasi. Hasil penelitian telah dikembangkan media pembelajaran interaktif berbasis model Problem Based Learning (PBL) menggunakan indikator kemampuan berpikir kritis Ennis pada materi Biologi adalah sangat layak dengan persentase 94,31% oleh ahli materi, 93,00 % oleh ahli media, 76,25% oleh ahli bahasa. Sedangkan kelayakannya diperoleh 97,50 % oleh guru dan 85,30% oleh peserta didik. Adapun karakteristik dari media adalah (1) media interaktif mudah digunakan. (2) media interaktif menggunakan model PBL. (3) media interaktif memiliki penyajian soal evaluasi menggunakan indikator kemampusn berpikir kritis Ennis. (4) media interaktif dapat membantu siswa untuk belajar secara aktif dan mandiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 27 Oct 2017 06:59
Last Modified: 27 Oct 2017 06:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1721

Actions (login required)

View Item View Item