PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN FIRM SIZE TERHADAP MANIPULASI AKTIVITAS RIIL (Studi pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) Periode 2015-2019)

KHANIA, SELFIANA (2022) PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN FIRM SIZE TERHADAP MANIPULASI AKTIVITAS RIIL (Studi pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) Periode 2015-2019). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1& BAB 5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL KHANIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan dalam dunia investasi sekarang ini telah menuntut setiap perusahaan untuk dapat menciptakan keunggulan kompetitif dalam bidang usahanya. Pemanfaatan sumber daya perusahaan yang efisien dan efektif dalam menjalankan kegiatan operasional dapat membantu perusahaan untuk memenangkan kompetisi dalam pasar. Oleh sebab itu, perusahaan cenderung akan selalu menunjukkan kinerja yang baik. Hal ini akan memicu terjadinya manipulasi aktivitas riil . manipulasi aktivitas riil merupakan praktik yang terpisah dari praktik operasi normal yang dimotivasi oleh keinginan manager untuk menyesatkan pemegang saham dalam kepercayaan tertentu bahwa tujuan laporan keuangan telah dipenuhi dalam operasi normal. Sehingga tujuan dari penelitian ini yaitu menguji apakah terdapat pengaruh profitabilitas, leverage dan firm size terhadap manipulasi aktivitas riil. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, objek pada penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) dengan menggunakan Purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 30 perusahaan dan didapatkan 7 perusahaan yang sesuai dengan kriteria. Dalam penelitian ini digunakan data sekunder berupa laporan keuangan tahunan publilkasi perusahaan Jakarta Islamic Index (JII) periode 2015-2019. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis deskkriptif, uji asumsi klasik, analisis rgrsi linear berganda dan uji hipotesis melalui program SPSS versi 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji F secara simultan variabel Profitabilitas, Leverage dan Firm Size berpengaruh signifikan terhadap Manipulasi Aktivitas Riil. Dengan kontribusi variabel Profitabilitas, Leverage dan Firm Size secara simultan adalah sebesar 70,9%. Sedangkan berdasarkan Uji t variabel Profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap Manipulasi Aktivitas Riil. Sehingga dapat disimpulkan secara parsial variabel Profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap Manipulasi Aktivitas Riil. Sedangkan variabel Leverage dan Firm Size tidak berpengaruh signifikan terhadap Manipulasi Aktivitas Riil. Dalam prespektif islam manipulasi aktivitas riil tidaklah diperbolehkan. Hal ini dikarenakan bisnis yang dilakukan dalam syariat islam tidak hanya berorientasi pada keuntungan saja namun juga berorientasi pada kejelasan, kejujuran, keridhoan antar pelaku bisnis dan keberkahan dalam transaksi bisnis. Kata kunci: Profitabilitas, Leverage, Firm size dan Manipulasi Aktivitas Riil

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Jan 2022 03:48
Last Modified: 19 Jan 2022 03:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17206

Actions (login required)

View Item View Item