PENGARUH INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION (IMC) DAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN ONLINE SHOP DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Pada Konsumen Pengguna Shopee Tahun 2020)

EKA, SUSANTI (2022) PENGARUH INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION (IMC) DAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN ONLINE SHOP DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Pada Konsumen Pengguna Shopee Tahun 2020). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL EKA SUSANTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Integrated Marketing Communication (IMC) Dan Customer Relationship Management (CRM) Terhadap Loyalitas Konsumen Online Shop Dalam Perspektif Ekonomi Islam pada konsumen shopee tahun 2020. Permasalahan yang sering muncul dalam aktifitas pemasaran suatu produk yaitu penguatan daya saing dari segi pemasaran maupun pelayanan yang selalu harus diperbaharui didalam mengahadapi kompetitor yang semakin mengeluarkan inovasi-inovasi dan ide-ide yang baru yaitu seperti sistem pemasaran maupun pelayanan terhadap konsumen. Jenis pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner terhadap konsumen yang menggunakan shopee sejak tahun 2020 hingga saat ini. Teknik menentukan sampel yaitu dengan menggunakan purposive sampling. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan menggunakan rumus slovin. Hasil uji test menunjukkan bahwa Integrated Marketing Communication tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen online shop pada konsumen pengguna shopee tahun 2020 dalam perspektif ekonomi islam. Customer Relationship Management berpengaruh positif dan signifikan tehadap loyalitas konsumen online shop pada konsumen pengguna shopee tahun 2020 dalam perspektif ekonomi islam. Integrated Marketing Communication dan Customer Relationship Management secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen online shop pada konsumen pengguna shopee tahun 2020 dalam perspektif ekonomi islam. Menurut imam Taqiyudin, ditinjau dari segi benda jual beli dibagi menjadi tiga macam yaitu 1) jual beli barang yang kelihatan, 2) jual beli yang disebutkan sifat�sifatnya dalam janji, 3) jual beli benda yang tidak ada. Dalam prakteknya jual beli online termasuk kedalam jual beli yang disebutkan sifat-sifatnya dan contohnya, misalnya memesan barang atau yang disebut dengan bai’ salam. Kata kunci: Integrated Marketing Communication, Customer Relationship Management, Loyalitas Konsumen, Perspektif Ekonomi Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Jan 2022 03:44
Last Modified: 19 Jan 2022 03:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17205

Actions (login required)

View Item View Item