PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS IV MIN 4 BANDAR LAMPUNG

MARETA, TRIASTUTI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS IV MIN 4 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam penerapan dan pemilihan model pembelajaran, pendidik kurang memperhatikan masalah dan kebutuhan peserta didik sehingga akan terjadi ketimpangan antara stimulus yang diberikan pendidik dan respon peserta didik. Hal ini akan berd`ampak pada hasil belajar peserta didik. Untuk mengatassi masalah tersebut, peneliti menerapkan model pembelajaran Project Based Learning dengan berbantuan media audio visual pada proses pembelajaran tematik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based learning berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas IV MIN 04 Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian Quasy Eksperimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV di MIN 04 Bandar Lampung yang berjumlah 51 peserta didik, sedangkan sampel dalam penelitian ini yaitu kelas IVB sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 peserta didik dan kelas IVA sebagai kelas kontrol yang berjumlah 21 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar pretest dan posstest berbentuk soal pihan ganda. Teknik analisis data dengan menggunakan menggunakan uji normalitas dengan uji Liliefors, uji homogenitas dengan uji Fisher dan uji hipotesis dengan uji t. Berdasarkan data yang telah dikumpulkan peneliti bahwa hasil belajar dalam kelas eksperimen diperoleh rata- rata 85,5 dan pada kelas kontrol diperoleh rata- rata 68,1. Hasil uji hipotesis diperoleh Thitung = 6,262 dan Ttabel = 2,00 maka Thitung > Ttabel sehingga Ho ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa terdapat penngaruh model pembelajaran Project Based Learning berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas IV MIN 04 Bandar Lampung. Kata kunci: Model pembelajaran Project Based Learning, Med

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Jan 2022 03:30
Last Modified: 19 Jan 2022 03:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17200

Actions (login required)

View Item View Item