ANALISIS EFISIENSI BANK UMUM SYARIAH (BUS) DENGAN METODE PARAMETRIK STOCHASTIC FRONTIER APPROACH (SFA) PERIODE 2017-2019

Anissa, Dwi Kurniawati (2022) ANALISIS EFISIENSI BANK UMUM SYARIAH (BUS) DENGAN METODE PARAMETRIK STOCHASTIC FRONTIER APPROACH (SFA) PERIODE 2017-2019. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI ANISSA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Salah satu aspek penting dalam pengukuran kinerja perbankan adalah efisiensi. Suatu bank yang efisien diharapkan mendapatkan keuntungan yang optimal, dana pinjaman yang banyak, dan kualitas pelayanan yang terbaik diberikan kepada nasabahnya. Dalam dunia kompetisi perbankan ketidakefisienan dapat menjadi suatu hambatan. Oleh karena itu, menganalisis perbandingan tingkat efisiensi sangatlah diperlukan untuk mendapatkan gambaran terhadap kekuatan dan kelemahan perbankan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan tingkat efisiensi Bank Syariah devisa dan non devisa selama periode 2017-2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Bank Syariah devisa dan non devisa yang tedaftar di Bank Indonesia periode 2017-2019. Penelitian ini menggunakan metode parametrik Stocahastic Frontier Approach (SFA) periode 2017-2019. Berdasarkan hasil kriteria sampel didapatkan sebanyak 6 perusahaan yang dijadikan sampel dalam penelitian meliputi 3 Bank Syariah devisa dan 3 Bank Syariah non devisa, variabel input berupa total aset, dana pihak ketiga, dan biaya operasional. Sedangkan variabel output adalah pembiayaan bank syariah. Data dianalisis menggunakan Software Frontier 4.1 dengan bantuan SPSS 26, kemudian dilakukan uji hipotesis dengan uji beda Independent Sample t-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama periode 2017-2019 Bank Syariah devisa dan non devisa mengalami peningkatan efisiensi dengan rata-rata efisiensi 0,9630 untuk Bank Syariah devisa dan 0,9634 untuk Bank Syariah non devisa. Hal ini menunjukkan bahwa Bank Syariah non devisa di Indonesia sedikit lebih efisien dibandingkan dengan Bank Syariah devisa dalam hal efisiensi keseluruhan, sehingga Bank Syariah non devisa lebih optimal dalam tingkat total pembiayaan pada periode 2017-2019. Rata-rata efisiensi Bank Syariah devisa dan non devisa berkisar pada tingkat 0,9 menunjukkan bahwa Bank Syariah devisa dan non devisa di Indonesia sudah mencapai tingkat efisiensi yang sangat baik ii meskipun belum mencapai tingkat efisiensi penuh atau 1. Pada pengujian hipotesis uji beda menggunakan Independent Sample t-Test menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan tingkat efisiensi antara Bank Syariah devisa dan Bank Syariah non devisa periode 2017-2019. Kata Kunci: Efisiensi, Stochastic Frontier Approach (SFA), BUS Devisa, BUS Non Devisa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Jan 2022 03:16
Last Modified: 19 Jan 2022 03:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17199

Actions (login required)

View Item View Item