Eka, Setyawati (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL BERBASIS LITERASI BAHASA DAN NUMERASI DIKELAS IV SD. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (7MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL BERBASIS LITERASI BAHASA DAN NUMERASI DIKELAS IV SD/MI Oleh: Eka Setyawati Bahan ajar modul pembelajaran tematik merupakan yang dapat menunjang tercapainya tujuan dalam pembelajaran tematik. Selain dari acuan buku bahan ajar modul menjadi solusi pembelajaran tematik sehingga peserta didik dapat belajar dengan sistematis. Bahan ajar yang masih terbatas salah satunya LKS yang masih terkesan monoton (teks tanpa gambar, tanpa berwarna,dan tampilan tidak menarik), Peserta didik lebih senang bermain dengan teman sebangku dari pada mendengarkan pendidik menerangkan didepan kelas pada akhirnya hasil belajar peserta didik masih kurang memuaskan. Berdasarkan hasil studi diketahui bahwa peserta didik masih mengalami kesulitan dalam belajar, oleh karena itu perlu adanya pengembangan bahan ajar modul yang dapat membantu peserta didik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan bahan ajar modul berbasis Literasi Bahasa dan Numerasi dikelas IV SD, serta untuk mengetahui respon peserta didik dan pendidik terhadap pengembangan bahan ajar modul tersebut. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D) berdasarkan model penelitian ADDIE. Tahapan yang dilakukan hanya 5 langkah tahapan dalam penelitian, yaitu 1) Analysis, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, 5) Evaluation. Pendapat yang diberikan oleh ahli materi, dan ahli media mengenai bahan ajar modul berbasis Literasi Bahasa dan Numerasi Pada subtema 3 (Bersyukur Atas Keberagaman) diperoleh hasil rata-rata presentase penilaian sebesar 87% dikategorikan “Sangat Layak” oleh ahli media, rata-rata presentase penilaian sebesar 86% dikategorikan “Sangat Layak” oleh ahli materi. Bahan Ajar Modul Berbasis Literasi Bahasa dan Numerasi pada subtema 3 (Atas Keberagaman) yang di ujicobakan di SDN 18 Padang Cermin, SDN 3 Marga Punduh dan SDN 02 Gedong Air Bandar Lampung dengan rata-rata presentase penilaian sebesar 83% dengan kategori sangat baik pada Uji Coba kelompok kecil serta rata-rata presentase penilaian sebesar 91% dengan kriteria “Sangat Layak” pada Uji kelompok besar. Hal ini berarti modul yang dikembangkan dapat dijadikan sebagai salah satu sumber belajar bagi peserta didik serta pendidik dikelas IV SD. Kata Kunci : Bahan Ajar, Modul, Tematik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 19 Jan 2022 02:29 |
Last Modified: | 19 Jan 2022 02:29 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17193 |
Actions (login required)
View Item |